100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




4 Kriteria Suplemen Pelancar ASI yang Aman untuk Ibu Menyusui

Admin | May 28 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image 4 Kriteria Suplemen Pelancar ASI yang Aman untuk Ibu Menyusui Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Air Susu Ibu (ASI) memiliki kandungan yang unik dan sesuai dengan pencernaan bayi. Itu sebabnya, Mamsi cukup memberikan ASI eksklusif kepada bayi tanpa tambahan makanan atau minuman lain hingga ia berusia enam bulan. Agar proses pemberian ASI eksklusif berjalan lancar, Mamsi bisa mengonsumsi suplemen penambah ASI.

Sebagai satu-satunya asupan yang dibutuhkan bayi baru lahir, ASI memang mengandung nutrisi yang lengkap yang terdiri dari komponen makro dan mikro nutrien. Makronutrien adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara, mikronutrien adalah vitamin dan mineral.

Lembaga Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan berbagai lembaga kesehatan lainnya merekomendasikan pemberian ASI eksklusif kepada bayi baru lahir sekurang-kurangnya selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Setelah itu, pemberian ASI dapat dibarengi dengan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) sampai si Kecil berusia 2 tahun.

 

Manfaat ASI Eksklusif bagi Bayi dan Mamsi

suplemen penambah asi

Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai manfaat ASI eksklusif bagi bayi:

  • Sumber Nutrisi Lengkap

Karena kandungan nutrisi ASI sangat lengkap, ASI dapat memenuhi 100% kebutuhan gizi bayi sampai ia berusia enam bulan. Manfaat nutrisi ini akan dirasakan bayi hingga ia dewasa, seperti melindunginya dari penyakit kardiovaskular, obesitas, diabetes, dan asma.

  • Melindungi Bayi dari Penyakit

Bayi baru lahir rentan terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna. Dengan minum ASI, daya tahan tubuh bayi akan terbangun karena ASI mengandung antibodi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi sekaligus melindunginya dari infeksi penyakit.

Komposisi ASI juga aman bagi pencernaan bayi sehingga si Kecil terhindar dari gangguan pencernaan seperti diare. ASI yang diisap bayi langsung dari payudara ibu (direct breastfeeding) juga higienis sehingga meminimalisasi kontaminasi kuman.

  • Mendukung Perkembangan Otak dan Fisik Bayi

Meski bayi hanya mengonsumsi ASI pada enam bulan pertama kehidupannya, namun, sudah cukup untuk mendukung perkembangan otak dan fisiknya. Di dalam ASI terkandung asam lemak yang penting untuk perkembangan otak bayi. ASI juga dapat membantu perkembangan sensorik dan kognitif si Kecil.

Ini sebabnya, pemberian ASI eksklusif sangat penting karena perkembangan otak anak berlangsung paling pesat pada lima tahun pertama hidupnya.

Bagi Mamsi, pemberian ASI eksklusif juga memberikan sejumlah manfaat berikut:

  • Mengatasi Trauma

Sebagian ibu mengalami trauma persalinan hingga baby blues. Menyusui merupakan salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut karena saat menyusui, tubuh mengeluarkan hormon oksitosin.

Oksitosin dapat meningkatkan perasaan relaks, menurunkan stres, kecemasan, tekanan darah, dan memperkuat kontraksi otot. Semakin sering bayi menyusu, maka semakin sering pula oksitosin diproduksi tubuh.

  • Mengurangi Risiko Kanker

Pemberian ASI eksklusif juga dapat menurunkan risiko Mamsi terhadap kanker payudara dan kanker rahim. Menyusui membuat sel-sel payudara memproduksi ASI secara rutin sehingga memperkecil peluang terjadinya penyimpangan sel.

Ibu menyusui juga memiliki kadar hormon estrogen yang rendah akibat berkurangnya frekuensi menstruasi. Estrogen diketahui sebagai salah satu pemicu kanker. Itu sebabnya, risiko timbulnya kanker payudara dan kanker rahim pada ibu menyusui menjadi lebih rendah.

  • Memperkuat Bonding Mamsi dan Bayi

Saat menyusui, posisi Mamsi dan bayi saling menempel karena terjadi kontak langsung (skin to skin). Mamsi dan bayi pun saling berpandangan, bersentuhan, dan berkomunikasi. Proses ini membuat ikatan emosional Mamsi dan bayi menjadi semakin kuat dan erat.

 

Tahapan Perubahan ASI

suplemen penambah asi

Lebih dari 80% kandungan ASI adalah air. Itu sebabnya, pada periode ASI eksklusif, bayi tidak perlu diberi minuman tambahan karena kebutuhan cairannya sudah tercukupi oleh ASI.

Yang tak kalah unik, volume dan komposisi ASI setiap ibu berbeda-beda karena disesuaikan dengan kebutuhan bayinya. Volume dan komposisi ASI tersebut juga berubah-ubah sepanjang fase menyusui: kolostrum, ASI transisi, ASI matang.

Kolostrum

ASI yang pertama keluar dari payudara ibu adalah kolostrum, yang diproduksi pada hari 1–5 pascapersalinan. Kolostrum tidak hanya mengandung makronutrien dan mikronutrien, tetapi juga sel darah putih serta zat pembentuk kekebalan tubuh yang disebut imunoglobulin. Kedua kandungan terakhir itu berperan penting dalam membantu tubuh bayi melawan bakteri, jamur, dan virus penyebab infeksi.

ASI Transisi

ASI transisi masih mengandung sel darah putih, tetapi hanya sekitar 10%. Kandungan lainnya yaitu lemak dan gula susu (laktosa) yang berguna untuk pertumbuhan, perkembangan otak, mengatur kadar gula darah, dan memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

ASI Matang

ASI matang mengandung lebih banyak air dibandingkan karbohidrat, protein, dan lemak. Pada ASI matang, konsentrasi imunoglobulin serta total protein dan vitamin larut lemak akan menurun. Sementara, kandungan laktosa, kalori, dan vitamin yang larut dalam air akan meningkat.

 

Mam, Yuk Baca Juga: Ajaib, ASI Bisa Berubah-ubah Sesuai Kebutuhan Bayi! 

 

Kapan Mamsi Butuh Suplemen Pelancar ASI?

suplemen penambah asi

Melihat tingginya manfaat ASI bagi bayi, Mamsi pun perlu berupaya menjaga agar produksi ASI-nya senantiasa lancar. Bila terdapat kendala dalam pemberian ASI, seperti misalnya ASI mendadak seret, Mamsi dapat mengonsumsi makanan bergizi dilengkapi dengan suplemen penambah ASI agar produksi ASI kembali lancar dan melimpah.

Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan produksi ASI menurun:

  • - Pelekatan belum sempurna sehingga bayi tidak betah menyusui atau hanya mengisap sedikit ASI
  • - Frekuensi menyusui kurang banyak sehingga payudara tidak aktif memproduksi ASI
  • - Bayi lahir prematur dan harus ditaruh di ruang perawatan intensif (NICU) sehingga Mamsi tidak bisa menyusui secara langsung dan sering
  • - Mamsi mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan
  • - Mamsi mengalami gangguan fungsi tiroid
  • - Efek samping dari obat atau kontrasepsi tertentu
  • - Pernah menjalani operasi payudara

Umumnya, ibu menyusui dapat menghasilkan ASI yang cukup bagi bayinya bila rutin menyusui sesuai dengan kebutuhan atau permintaan bayi.

Namun, bila Mamsi sudah rutin mengeluarkan ASI tetapi volume ASI yang dihasilkan lebih sedikit dari biasanya, Mamsi dapat mengonsumsi suplemen penambah ASI atau ASI booster.

Suplemen penambah ASI yang bagus dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Dengan bantuan ASI booster, pasokan ASI dapat kembali meningkat dan cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Meski Mamsi mengonsumsi ASI booster atau vitamin penambah ASI, Mamsi tetap perlu melakukan pengosongan payudara secara rutin per 2–3 jam. Mamsi juga perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang agar kebutuhan nutrisi harian terpenuhi dan mendukung produksi ASI.

Selain untuk Mamsi yang mengalami produksi ASI rendah (low milk supply), penggunaan suplemen penambah ASI juga lebih disarankan bagi ibu yang menyusui kembali setelah berhenti (relaktasi), ibu yang ingin menyusui bayi adopsi (induksi menyusui), dan ibu yang lebih sering menyusui secara tidak langsung atau memerah ASI (exclusive pumping).

 

Ini 4 Kriteria Suplemen Penambah ASI yang Aman

suplemen penambah asi

Bila Mamsi belum pernah menggunakan vitamin penambah ASI atau suplemen penambah ASI, Mamsi mungkin bingung bagaimana memilih produk yang tepat. Jangan sembarang membeli produk ya, Mamsi. Ada beberapa kriteria penting yang perlu Mamsi perhatikan saat hendak membeli suplemen penambah ASI:

  • 1. Memiliki Sertifikat BPOM & Halal

Dalam memilih produk makanan atau minuman, pastikan produk tersebut sudah memiliki sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ya, Mamsi. Produk yang sudah bersertifikat BPOM berarti sudah teruji dan kandungannya aman untuk dikonsumsi. Produk yang telah terdaftar di BPOM dapat dipastikan keamanan dan kelayakan konsumsinya. Masyarakat pun dapat lebih yakin untuk mengonsumsi produk tersebut sesuai kebutuhannya.

Selain sertifikasi BPOM, Mamsi juga perlu memerhatikan apakah produk suplemen ASI yang Mamsi pilih sudah bersertifikat halal. Hal ini untuk meyakinkan Mamsi kalau bahan yang terkandung dalam suplemen penambah ASI tersebut sudah terjamin kehalalannya serta terbebas dari proses pembuatan dan kandungan yang haram.

  • 2. Terbuat dari Bahan Alami

Semua tanaman yang memiliki bahan atau zat aktif yang berguna bagi pengobatan dan kesehatan disebut herba. Berbeda dari obat kimia, obat herbal bersifat alami dan organik karena berasal dari saripati tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tanaman herbal asli Indonesia yang terbukti dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI adalah daun katuk dan daun torbangun. Kedua tanaman tersebut telah diyakini secara turun-temurun dapat membantu melancarkan produksi ASI.

  • 3. Mengandung Nutrisi yang Baik untuk Ibu Menyusui

Selain terbuat dari bahan alami, suplemen penambah ASI yang bagus juga mengandung nutrisi yang baik bagi ibu menyusui. Misalnya, mengandung protein bioaktif fraksi dari ikan gabus yang dapat memberikan nutrisi yang diperlukan bayi melalui ASI.

  • 4. Aman Dikonsumsi dalam Jangka Panjang

Mamsi tak dapat mengetahui sampai kapan masalah ASI seret berlangsung. Meski saat ini masalah tersebut sudah teratasi, bisa saja suatu hari nanti masalah tersebut terulang kembali. Salah satu cara mengantisipasi masalah tersebut adalah terus mengonsumsi suplemen penambah ASI untuk meningkatkan produksi ASI.

Itu sebabnya, Mamsi perlu memilih booster ASI yang aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Suplemen penambah ASI yang bagus terbuat dari bahan herbal berkualitas dan diolah dengan teknologi mutakhir.

Herba ASIMOR merupakan suplemen penambah ASI bersertifikasi BPOM dan Halal dari MUI. Terbuat dari bahan alami daun katuk dan daun torbangun yang telah lama dikenal sebagai booster ASI alami dan digunakan sebagai penambah ASI oleh ibu menyusui.

Sementara, daun torbangun adalah tanaman herbal yang berasal dari Sumatera Utara. Masyarakat di sana telah lama meyakini daun torbangun dapat melancarkan produksi ASI.

Selama ratusan tahun, daun torbangun dikenal sebagai stimulan (galactogogue). Penelitian menunjukkan, daun torbangun dapat meningkatkan sel epitel dan metabolisme kelenjar susu sehingga dapat meningkatkan produksi ASI hingga 65% tanpa mengubah kualitasnya.

Herba ASIMOR juga mengandung tambahan protein bioaktif fraksi dari ikan gabus. Sejak zaman dulu, ikan gabus banyak dikonsumsi oleh perempuan yang baru melahirkan untuk mempercepat pemulihan pascapersalinan dan penyembuhan luka pascaoperasi.

Bahan herbal berkualitas yang terkandung dalam Herba ASIMOR pun diolah dengan teknologi mutakhir AFT (Advanced Fractionation Technology) serta tanpa menggunakan bahan kimia. Teknologi modern ini merupakan proses ekstraksi untuk mengambil molekul terkecil dari bahan alami daun katuk, daun torbangun dan ikan gabus sehingga membuat Herba ASIMOR tak memiliki ampas dan residu. Keunggulan teknologi ini membuat Herba ASIMOR aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

Riset yang dilakukan terhadap 40 Mamsi yang baru memiliki bayi berusia 6 hari memperlihatkan, sebanyak 38% Mamsi sudah mulai merasakan peningkatan volume ASI dalam waktu 2 hari setelah mereka mengonsumsi Herba ASIMOR.

Bagi Mamsi yang mengalami masalah produksi ASI rendah, mengonsumsi suplemen penambah ASI yang bagus dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dalam menyusui. Namun, sebaiknya Mamsi berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai keinginan untuk menggunakan booster ASI yang aman.

Bila volume ASI Mamsi sudah kembali normal, Mamsi tetap dapat mengonsumsi suplemen penambah ASI Herba ASIMOR untuk menjaga ASI tetap melimpah. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi Herba ASIMOR secara rutin ya, Mam.

Teruslah bersemangat menjadi #pejuangkASIh, Mamsi! Jangan menyerah bila suatu saat mengalami kendala ASI seret. Segera atasi masalah tersebut dengan mengonsumsi suplemen penambah ASI yang bagus dan aman bagi ibu menyusui seperti Herba ASIMOR.

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
^M

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

^M
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR