100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Tanda-Tanda Waktu Melahirkan Semakin Dekat, Mamsi Wajib Tahu!

Admin | Aug 27 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image Tanda-Tanda Waktu Melahirkan Semakin Dekat, Mamsi Wajib Tahu! Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Mamsi yang sedang hamil tentu sudah mengetahui kapan hari perkiraan lahir bayi. Meski begitu, waktu persalinan tidak selalu sesuai dengan tanggal yang diperkirakan. Si Kecil bisa saja lahir lebih cepat atau lebih lama dari hari perkiraan lahir. Oleh karena itu, saat sudah mendekati hari perkiraan lahir bayi, Mamsi sebaiknya mengetahui seperti apa tanda-tanda melahirkan.

Tahukah Mamsi? Faktanya hanya sedikit ibu hamil yang melahirkan tepat pada hari perkiraan lahirnya. Dengan mengetahui apa saja tanda-tanda persalinan sudah dekat, Mamsi dapat lebih tenang dan siaga menuju hari kelahiran si Kecil.

Setiap ibu yang akan melahirkan pasti merasakan tanda-tanda persalinan sudah dekat. Hal ini karena tubuh Mamsi melakukan berbagai penyesuaian untuk mempersiapkan diri melahirkan si Kecil. Berikut berbagai tanda Mamsi sebentar lagi akan melahirkan, atau bisa dibilang tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan.

1.  Posisi Bayi Berubah

Selama kehamilan, bayi di dalam kandungan banyak bergerak dan berputar ke berbagai arah. Namun, sekitar 1–4 minggu sebelum hari perkiraan lahir, posisi bayi akan berubah untuk bersiap keluar dari tubuh Mamsi.

Kepala bayi yang tadinya di atas dan kaki di bawah, kini menjadi sebaliknya. Pada sebagian Mamsi, terutama yang baru pertama kali melahirkan, perubahan posisi bayi ini dapat terjadi beberapa jam sebelum Mamsi bersalin.

2.  Leher Rahim Terbuka

Tanda-tanda melahirkan yang lain adalah leher rahim atau serviks Mamsi mulai terbuka. Proses ini ditandai dengan kontraksi yang mulai muncul secara teratur. Ini artinya Mamsi perlu segera ke rumah sakit, walaupun belum tentu sudah memasuki waktu persalinan.

Di rumah sakit, dokter akan memantau secara intensif proses pelebaran leher rahim dengan memasukkan jari. Pelebaran serviks bertahap mulai dari 1 cm sampai 10 cm. Proses ini dapat terjadi pada beberapa hari atau beberapa jam sebelum waktu persalinan tiba.

Proses awal pelebaran biasanya berlangsung lambat—pada sebagian Mamsi bisa berhari-hari. Bila pelebaran leher rahim sudah mencapai 5 cm, berarti Mamsi sudah memasuki tahap awal persalinan.

Ketika pelebaran rahim sudah mencapai 10 cm, berarti mulut leher rahim Mamsi telah melebar secara sempurna dan rahim berkontraksi penuh sehingga Mamsi bisa melahirkan bayi.

3.  Kepala Bayi Mulai Bergeser ke Bawah

Tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan biasanya frekuensi buang air kecil Mamsi meningkat. Ini terjadi karena kepala bayi mulai bergeser ke rongga panggul Mamsi sehingga menekan kandung kemih yang membuat Mamsi jadi lebih sering buang air kecil. 

Kepala bayi yang sudah bergeser ke bawah ini merupakan tanda bahwa si Kecil sudah menuju pintu rahim dan siap dilahirkan.

4.  Nyeri Punggung Bagian Bawah

Selama kehamilan, umumnya ibu hamil merasakan nyeri pada punggung. Nyeri punggung ini terjadi karena persendian dan ligamen tubuh Mamsi secara alami akan mengendur sebagai bagian dari persiapan melahirkan.

Menjelang waktu persalinan, Mamsi juga akan merasakan nyeri punggung, tetapi rasa nyerinya lebih hebat. Salah satu alasannya karena posisi bayi yang sudah berada di bawah dan semakin menekan tulang belakang.

Memasuki waktu 24–48 jam menjelang persalinan, rasa nyeri pada punggung bagian bawah akan semakin hebat dan menyebar hingga ke area panggul. Tanda-tanda melahirkan nyeri punggung ini akan hilang setelah Mamsi melahirkan bayi.

5.  Keluar Lendir seperti Keputihan

Selama kehamilan, leher rahim tertutup atau tersumbat lendir kental. Mendekati waktu persalinan, leher rahim mulai melebar dan melunak karena membentuk jalan untuk bayi keluar.

Ketika leher rahim mulai menipis dan terbuka, lendir yang menyumbat leher rahim itu akan keluar melalui vagina. Lendir tersebut berwarna bening, merah muda, atau agak merah karena tercampur darah, dan bertekstur kental. Keluarnya lendir ini termasuk tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan.

Proses keluarnya lendir ini bisa bertahap sehingga terlihat seperti keputihan dalam jumlah banyak, atau bisa juga sekaligus pada satu waktu. Waktu keluarnya lendir bisa beberapa menit, beberapa jam, atau bahkan beberapa hari sebelum persalinan tiba.

Keluarnya lendir ini merupakan tanda-tanda persalinan sudah dekat. Namun, bila lendir yang keluar terlihat seperti perdarahan berat seperti saat menstruasi, Mamsi perlu waspada karena bisa saja ada masalah pada kehamilan. Segeralah ke dokter untuk memeriksakannya.

6.  Kontraksi Asli

Beberapa minggu sebelum hari perkiraan lahir, Mamsi akan merasakan kontraksi palsu yang dikenal dengan nama Braxton Hicks. Tanda-tanda kontraksi ini yaitu munculnya tidak beraturan, jarang, dan umumnya berlangsung hanya beberapa detik. Kontraksi ini dapat hilang bila Mamsi mengubah posisi tubuh.

Mendekati waktu persalinan, Mamsi akan merasakan kontraksi asli sebagai tanda-tanda persalinan sudah dekat. Mamsi bisa mengenali kontraksi asli karena rasanya berbeda dengan kontraksi palsu. Kontraksi asli intensitasnya lebih kuat, lebih sering (setiap 5, 7, atau 10 menit sekali), dan dapat berlangsung selama lebih dari satu menit.

Kontraksi asli terasa sakit di punggung dan perut bagian bawah. Kontraksi ini digambarkan seperti gelombang yang bergerak mulai dari bagian atas rahim menjalar hingga ke bawah rahim. Meski sudah mengubah posisi tubuh, rasa sakit atau tidak nyaman akibat kontraksi asli tidak akan hilang.

Bila Mamsi merasakan tanda-tanda kontraksi asli ini, artinya dalam hitungan 1–2 hari Mamsi akan menjalani persalinan.

Apakah ada tanda-tanda melahirkan yang sudah Mamsi rasakan? Bila iya, artinya dalam hitungan hari Mamsi akan melahirkan. Bila belum, selamat bersiap menyambut kehadiran si Kecil ke dunia, Mamsi!

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR