100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




5 Cara Aman Menggendong Bayi Baru Lahir

Admin | May 03 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image 5 Cara Aman Menggendong Bayi Baru Lahir Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Sebagian orangtua baru mengaku gugup saat menggendong bayi baru lahir yang berukuran mungil dan tampak rapuh. Umumnya, mereka belum mengerti tentang cara menggendong bayi yang benar. Orangtua baru takut mendekap bayi terlalu kencang sehingga menyakitinya atau bahkan menjatuhkannya karena cara menggendong bayi yang salah.

Meski begitu, Mamsi dan Papsi jangan terus-terusan takut menggendong si Kecil, ya. Menggendong bayi baru lahir penting dilakukan oleh Mamsi dan Papsi agar terjadi kontak langsung (skin-to-skin). Faktanya, menggendong bayi bisa mempererat ikatan batin antara Mamsi dan Papsi dengan si Kecil.

Dalam menggendong bayi baru lahir hingga berusia 2 bulan, ingatlah untuk selalu menopang kepala dan lehernya. Sebab, bayi baru cukup kuat mengangkat sendiri lehernya dalam posisi tengkurap pada usia 1–2 bulan.

Selain itu, Mamsi dan Papsi juga perlu memerhatikan kekuatan dalam menggoyang atau mengayun bayi saat digendong. Jangan sampai mengguncang-guncang tubuh bayi atau membuatnya terlempar, ya. Mengguncang bayi secara berlebihan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan masalah yang disebut shaken baby syndrome.

Agar Mamsi dan Papsi lebih percaya diri dalam menggendong bayi, ketahui pilihan cara menggendong bayi yang benar berikut. Cara-cara ini bisa dilakukan untuk menggendong bayi baru lahir maupun bayi usia 2 dan 3 bulan.

 

1.  Menimang (Football Hold)

ibu gendong bayi

Cara menggendong bayi yang benar ini sederhana dan sering dipakai para ibu saat menyusui. Mamsi bisa menimang bayi sambil duduk atau berdiri.

Caranya: Angkat bayi, lalu tempatkan salah satu lengan Mamsi di bawah leher dan kepala bayi. Gunakan lengan Mamsi yang lain untuk menopang bokong bayi.

Telungkupkan bayi ke arah tubuh Mamsi hingga ia merasa nyaman. Lakukan gerakan mengayun perlahan. Jangan lupa tatap bayi saat Mamsi menimangnya.

 

2.  Menggendong sambil Memeluk (Shoulder Hold)

ibu gendong bayi

Cara menggendong bayi ini biasanya dilakukan setelah si Kecil selesai menyusu. Dalam posisi ini, bayi dapat melihat ke belakang Mamsi dan mendengar detak jantung Mamsi.

Caranya: Angkat bayi menghadap Mamsi dan letakkan kepalanya menyandar di bahu Mamsi. Letakkan satu tangan Mamsi di antara kepala dan leher bayi untuk mencegah bayi mendongak secara tiba-tiba. Letakkan tangan Mamsi yang lain pada bagian bawah tubuh bayi untuk menopangnya.

 

3.  Menggendong di Pangkuan (Lap Hold)

ibu timang bayi

Posisi ini bisa menjadi pilihan cara menggendong bayi baru lahir maupun cara menggendong bayi 3 bulan. Banyak Mamsi melakukan cara ini saat menyusui.

Caranya: Duduklah di kursi dengan posisi kaki kokoh menjejak lantai. Letakkan bayi di pangkuan Mamsi dengan posisi kepalanya di celah antara lutut, kakinya mengarah ke perut Mamsi, dan wajahnya menghadap ke atas. Gunakan kedua tangan Mamsi untuk menopang kepala bayi.

Posisi ini membuat pandangan bayi fokus kepada wajah Mamsi. Gunakan kesempatan ini untuk berkomunikasi dengan si Kecil.

 

4.  Menggendong Bayi dengan Posisi seperti dalam Buaian (Cradle Hold)

ibu gendong bayi

Cara menggendong bayi ini mirip dengan menimang. Mamsi bisa menggendong bayi dengan posisi ini saat hendak menidurkannya.

Caranya: Gendong bayi secara horizontal setinggi dada. Sangga kepala dan leher bayi dengan satu lengan Mamsi, sedangkan lengan yang lain menyangga pantat dan pinggulnya.

Secara perlahan, geser lengan Mamsi yang menyangga kepala bayi hingga kepalanya bertumpu pada lekukan lengan Mamsi. Dengan mengayunkan bayi dalam posisi ini, ia akan cepat tertidur.

 

5.  Menggendong dengan Posisi Bayi Tengkurap

ibu gendong bayi

Banyak orangtua yang tidak biasa menggendong bayi dengan posisi tengkurap. Padahal, cara ini efektif untuk menenangkan bayi rewel, lho. Sebab si Kecil justru menyukai digendong dalam posisi tengkurap ini.

Caranya: Tempatkan bayi dalam posisi tengkurap di satu lengan Mamsi, dengan posisi kepala bayi di lengan atas. Gunakan ujung lengan Mamsi untuk menopang kedua kaki bayi. Pastikan wajah bayi tidak tertutup.

Dengan tangan Mamsi satu lagi, tepuk-tepuk atau usap punggung bayi sehingga ia merasa nyaman. Cara menggendong bayi yang benar ini juga dapat dilakukan untuk mengeluarkan angin dari perut bayi (sendawa).

 

Penting Dilakukan Setiap Hendak Menggendong Bayi

ibu gendong bayi

Kini Mamsi dan Papsi sudah tahu beberapa cara menggendong bayi baru lahir maupun cara menggendong bayi 2 bulan dan 3 bulan. Pengetahuan ini dapat membuat Mamsi dan Papsi lebih yakin dan tenang saat menggendong si Kecil.

Hal lain yang juga penting untuk diingat adalah melakukan langkah-langkah berikut setiap hendak menggendong bayi:

  • - Cuci tangan agar tidak menyebarkan kuman ke bayi.
  • - Buat diri nyaman dan merasa percaya diri. Rasa tenang dan percaya diri ini penting karena dapat menghindarkan Mamsi dari membuat kesalahan saat menggendong bayi.
  • - Lepaskan aksesori yang tajam atau berisiko melukai bayi.
  • - Tentukan posisi menggendong yang akan Mamsi lakukan. Bila Mamsi ingin menggendong dalam posisi duduk, pilih tempat duduk yang nyaman. Bila ingin berdiri, berdirilah dengan tegap agar dapat menggendong dan menyangga bayi dengan baik.

Momen menggendong bayi memang sangat berharga. Baik Mamsi maupun bayi akan merasakan aliran cinta dan kasih sayang kepada satu sama lain.

Jadi, ketahui cara menggendong bayi yang benar. Bila ia tidak menyukai posisi menggendong yang Mamsi lakukan, cobalah cara menggendong yang lain. Jangan lupa untuk menikmati momen menggendong bayi sambil membangun bonding yang kuat dengannya.

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR