100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Tips dan Cara Memijat Payudara untuk Melancarkan ASI

Admin | Mar 22 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image Tips dan Cara Memijat Payudara untuk Melancarkan ASI Asimor ASI Booster Pelancar ASI

ASI aku nggak cukup untuk anakku.

Ini tentu menjadi kekhawatiran terbesar Mamsi yang baru melahirkan. Memang sangat wajar jika Mamsi khawatir akan hal ini, apalagi jika si Kecil selalu terlihat tidak puas setiap selesai menyusu.

Kesuksesan #KawalAwal tumbuh kembang si Kecil dengan pemberian ASI eksklusif memang sangat bergantung pada kuantitas dan kualitas ASI Mamsi. Salah satu cara yang bisa Mamsi lakukan untuk meningkatkan produksi ASI adalah melakukan pijat payudara atau pijat laktasi untuk melancarkan ASI.

Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara memijat payudara yang benar, Mamsi harus tahu dulu nih apa saja sih manfaat pijat payudara selama menyusui.

 

5 Manfaat Memijat Payudara Selama Menyusui

cara memijat payudara

Pijat payudara atau pijat laktasi memang sangat bagus untuk ibu menyusui. Berikut ini manfaatnya:

  • Mengurangi rasa nyeri saat menyusui, khususnya saat Mamsi mengalami clogged milk ducts alias penyumbatan pada kelenjar ASI.
  • Membuat aliran ASI menjadi lebih lancar karena saat payudara dipijat, tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin yang membantu proses produksi ASI, dan membuat kelenjar ASI di payudara tidak menegang.
  • Tak hanya bermanfaat untuk Ibu, si Kecil pun juga akan merasakan manfaatnya lho, Mam. Pijat payudara akan membuat payudara Ibu terasa lebih lembut sebelum diberikan pada si Kecil. Itu artinya, si Kecil akan lebih mudah melakukan pelekatan dibandingkan saat harus menyusu di payudara yang keras.
  • Pijat payudara juga akan membantu Mamsi mengosongkan payudara dengan maksimal. Itu artinya, tubuh dapat memproduksi ASI lebih banyak lagi.
  • Yang paling menyenangkan, memijat payudara dapat menjadi cara untuk mengencangkan payudara dan menghindari stretch mark di area sekitar payudara.

Wah, banyak sekali ya manfaat pijat payudara yang bisa Mamsi dapatkan? Nah, kalau Mamsi sudah siap, simak yuk cara memijat payudara yang tepat untuk dipraktikkan di rumah.

 

7 Tips Melakukan Pijat Laktasi atau Pijat Payudara untuk Melancarkan ASI

cara memijat payudara

  1. Pastikan tangan Mamsi bersih dan hangat

Kondisi tangan yang dingin, misalnya setelah cuci tangan atau karena lama berada di ruangan ber-AC, akan membuat payudara tegang saat Mamsi memijatnya. Mamsi bisa hangatkan tangan dengan cara mencuci tangan Mamsi dengan air hangat atau mengepitnya di kedua ketiak.

  1. Kompres hangat payudara

Jika payudara sedang terasa nyeri dan bengkak, Mamsi bisa mengompresnya dulu dengan air hangat atau bisa juga mandi air hangat. Tujuannya untuk meredakan nyeri dan membuat otot-otot terasa lebih rileks.

  1. Gunakan minyak untuk memijat, seperti baby oil atau olive oil

Untuk memudahkan Mamsi memijat payudara, gunakanlah minyak saat memijat. Ini bisa berupa baby oil, olive oil, atau virgin coconut oil. Saat memilih minyak, sebaiknya pilih yang organik dan alami agar tidak berdampak negatif pada kondisi kulit payudara.

  1. Pijat lembut dengan menekannya ke arah ketiak

Untuk memijat payudara, Mamsi bisa menyangga bagian bawah payudara kiri dengan tangan kiri atau payudara kanan dengan tangan kanan. Lalu, tangan satunya lagi diposisikan di atas payudara. Kemudian pijat payudara dengan didorong ke arah ketiak.

Teknik ini bisa dilakukan bergantian antara payudara bagian bawah dan bagian atas.

  1. Pijat payudara dengan gerakan melingkar

Selain cara memijat payudara dengan menekan ke arah ketiak, ada lagi teknik pijat dengan gerakan melingkar.

Cara menyangga payudara bagian bawah masih sama dengan sebelumnya. Bedanya, Mamsi bisa menggunakan tiga jari di tangan satunya untuk memijat payudara dengan gerakan melingkar dari areola ke arah luar payudara. Lakukan ini beberapa kali, ya!

  1. Libatkan Papsi juga untuk melakukan pijat oksitosin

Tidak hanya Mamsi saja yang bisa melakukan pijat laktasi untuk meningkatkan produksi ASI, Mamsi juga bisa minta bantuan Papsi untuk melakukan pijat oksitosin.

Pijat oksitosin tidak sama dengan pijat payudara karena teknik pemijatan ini akan berfokus pada punggung, leher, dan tulang belakang Mamsi. Nah, simak yuk cara melakukan pijat oksitosin berikut ini:

  • Siapkan kursi yang memiliki sandaran, kemudian Mamsi bisa duduk dengan arah berlawan dengan kursi. Artinya, wajah Mamsi menghadap sandaran kursi, ya.
  • Kemudian, Papsi bisa berdiri di belakang Mamsi dan memijat lembut dari bagian leher ke arah pundak sebanyak 5 kali.
  • Setelah itu, Papsi bisa memijat sepanjang sisi tulang belakang, dimulai dari leher hingga ke tengah punggung. Pijatlah menggunakan ibu jari dengan gerakan melingkar atau seperti membuat lingkaran kecil dan arahnya memutar ke luar.
  • Lalu, pijat lagi di sepanjang sisi tulang belikat menggunakan telapak tangan dengan gerakan melingkar ke arah luar.
  • Kemudian, usap lembut menggunakan kedua telapak tangan dengan gerakan zig-zag dari pundak hingga ke pinggang. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali.
  • Untuk memaksimalkan hasil pijatan, Mamsi disarankan tidak menggunakan pakaian atau bra.
  1. Lakukan secara rutin

Berhubung caranya tidak sulit, Mamsi bisa melakukan pijat payudara atau pijat laktasi dan pijat oksitosin secara rutin setiap hari. Mamsi juga bisa melakukannya sendiri saat sedang mandi air hangat lho, di mana tubuh dalam keadaan rileks.

Nah, tidak sulit bukan untuk melakukan cara memijat payudara yang benar demi meningkatkan produksi ASI. Yuk coba sendiri di rumah! Untuk mengetahui info lebih lanjut tentang menyusui, Mamsi bisa berlangganan newsletter kami, ya.

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
^M

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

^M
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR