100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya





Cara Praktis Memijat Payudara Supaya ASI Melimpah
Admin | Mar 29 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image Cara Praktis Memijat Payudara Supaya ASI Melimpah Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Pepatah mengatakan, ada banyak jalan menuju Roma. Begitu pula dengan menyusui. Ada banyak cara yang bisa Mamsi lakukan untuk melancarkan pemberian ASI kepada bayi, salah satunya dengan mengetahui cara memijat payudara.

Jika suatu saat Mamsi merasa ASI seret dan yang keluar lebih sedikit dari biasanya, Mamsi dapat mencoba memijat payudara. Pijat payudara tidak hanya bermanfaat melancarkan produksi ASI, tapi juga merangsang tubuh melepaskan hormon endorfin sehingga membuat Mamsi merasa rileks dan nyaman.

Pada dasarnya, pijat payudara adalah tindakan mengurut dan membelai payudara secara perlahan dengan tekanan ringan hingga sedang. Untuk melancarkan produksi ASI, Mamsi disarankan untuk melakukan pijat payudara sebanyak dua kali sehari.

Pijat payudara bagi ibu menyusui bertujuan menguatkan dan melenturkan puting susu, serta merangsang kelenjar air susu agar meningkatkan jumlah ASI yang diproduksi. Mamsi dapat melakukan sendiri pijat payudara atau meminta bantuan Papsi ataupun konsultan laktasi.

Baca Juga: Tips Agar Pap Jadi Papsi (Papa ASI) yang Baik! 

Apakah Mamsi sudah siap untuk mencoba pijat payudara supaya ASI lancar dan melimpah? Ikuti panduan berikut ya, agar Mamsi dapat mempraktikkan cara memijat payudara yang benar di rumah:

  1. Sebelum memijat payudara, cuci tangan di bawah air mengalir hingga bersih.
  2. Duduk atau berdiri dengan posisi yang nyaman. Bila memungkinkan, posisikan diri Mamsi di depan cermin agar dapat memastikan bila gerakan memijat yang Mamsi lakukan sudah tepat.
  3. Oleskan minyak zaitun atau baby oil ke telapak tangan.
  4. Sangga bagian bawah payudara dengan satu tangan. Kepalkan tangan yang lain, lalu urut perlahan bagian atas payudara dari tepi luar ke arah dalam menggunakan bagian bawah tangan yang dikepalkan (bukan dengan buku jari). Lakukan gerakan ini dengan lembut sebanyak minimal 30 kali.
  5. Ulangi proses nomor 3 pada sisi payudara yang lain.
  6. Setelah selesai memijat kedua payudara, kompres keduanya dengan waslap hangat selama sekitar 2 menit. Kemudian ganti mengompresnya dengan waslap dingin selama 1 menit.
  7. Ulangi proses nomor 5 sampai 3 kali, lalu akhiri dengan kompres hangat.

Untuk melancarkan produksi ASI, Mamsi dianjurkan melakukan pijat payudara selama kurang lebih 15 menit sebelum menyusui bayi. Selain itu, pijat atau massage payudara juga dapat bermanfaat bila dilakukan dalam berbagai situasi berikut:

  1. Saat bayi baru lahir kesulitan untuk terus menyusu. Kadang, dengan memijat payudara, sedikit ASI dapat masuk ke mulut bayi sehingga Si Kecil dapat kembali menyusu.
  2. Bayi menunjukkan keterlambatan penambahan berat badan. Pijat payudara dapat membantu memperbanyak produksi ASI sehingga bayi dapat menyusu lebih banyak.
  3. Bayi kesulitan mengunci puting. Sebagian bayi dapat mengisap ASI dengan lancar, sedangkan ada juga bayi yang menekan payudara dengan gusinya sehingga ASI yang terisap hanya sedikit. Cara memijat payudara yang benar akan membantu ASI tetap mengalir sehingga sehingga bayi pun mengisap ASI lebih banyak.
  4. Mamsi merasa ASI seret atau jumlah yang keluar lebih sedikit dari biasanya. Salah satu upaya yang bisa Mamsi lakukan untuk melancarkan ASI adalah dengan mempraktikkan cara memijat payudara yang benar.
  5. Mamsi merasa puting sakit dan ingin mempersingkat waktu menyusui. Dengan melakukan pijat payudara, waktu menyusui dapat dipercepat tanpa mengurangi jumlah ASI yang dikonsumsi bayi.
  6. Saat Mamsi mengalami pembengkakan payudara akibat saluran susu tersumbat (engorgement). Kondisi ini banyak dialami oleh Mamsi yang baru pertama kali melahirkan dan biasanya menimbulkan rasa sakit.

Beberapa tanda payudara bengkak saat menyusui: payudara terasa padat, areola (area yang mengelilingi puting) mengeras disertai puting menjadi datar, nyeri terasa hingga ke bagian ketiak atau bawah lengan, dan kulit payudara terasa kencang dan hangat saat disentuh.

Mamsi yang memompa ASI dan berada jauh dari bayi. Melakukan pijat payudara dapat membantu mengosongkan payudara lebih cepat, menjaga aliran ASI tetap lancar, dan mencegah ASI tersumbat.

 

 

Berbagai Manfaat Massage Payudara

cara memijat payudara

Banyak penelitian sudah membuktikan pijat payudara memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Berikut berbagai manfaat dari cara memijat payudara yang benar yang dapat mendukung kesuksesan pemberian ASI kepada bayi.

1.  Mencegah payudara sakit ketika menyusui

Terkadang, kegiatan menyusui bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau bahkan rasa nyeri. Bila hal ini juga Mamsi alami, jangan biarkan kejadian ini membuat Mamsi jadi enggan menyusui.

Mamsi dapat mencoba melakukan pijat atau massage payudara untuk menghilangkan ketidaknyamanan tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan pijat payudara dapat membantu mengurangi nyeri saat menyusui.

 

2.  Melancarkan ASI yang tersumbat

Salah satu kendala yang kerap ditemui ibu menyusui adalah ASI tersumbat. Masalah ini terjadi saat ASI menumpuk hingga menyebabkan jaringan di sekitar saluran ASI membengkak, bahkan sampai meradang.

ASI dapat tersumbat bila produksi ASI lebih cepat daripada frekuensi bayi menyusu. Inilah sebabnya, Mamsi disarankan untuk menyusui bayi sesering mungkin.

Untuk mengatasi sumbatan, Mamsi dapat melakukan pijat payudara. Bahkan, Mamsi disarankan melakukan pijat payudara setelah melahirkan untuk menghindari risiko ASI tersumbat.

Setelah masalah sumbatan tersebut teratasi, ASI dapat keluar dengan lancar dan bayi pun menyusu lebih banyak.

 

3.  Mencegah pembengkakan pada payudara

Pembengkakan pada payudara bisa menjadi salah satu gejala mastitis atau infeksi pada jaringan payudara. Hal ini bisa terjadi akibat adanya bakteri yang masuk ke payudara atau karena saluran susu terhalang.

Bila Mamsi mengetahui cara memijat payudara yang benar dan rutin melakukan pijat payudara, risiko mastitis dapat dihindari.

 

4.  Meningkatkan kualitas ASI

Melakukan pijat payudara sejak hari pertama persalinan hingga 11 bulan selanjutnya akan memberikan manfaat yang besar bagi Mamsi. Alasannya, langkah itu dapat meningkatkan jumlah kandungan nutrisi dalam ASI.

Dengan rutin melakukan massage payudara, jumlah beberapa zat dalam ASI, seperti lemak, kasein, dan energi akan meningkat. Sementara, jumlah natrium dalam ASI akan berkurang.

 

5.  Membuat Mamsi rileks

Kadang, kegiatan menyusui dapat membuat sejumlah ibu tegang atau cemas. Hal ini bisa terjadi bila Mamsi khawatir ASI seret, bayi tidak mau menyusu, posisi menyusui tidak nyaman, atau Mamsi sedang memiliki beban pikiran lain.

Nah, menyusui Si Kecil sambil memijat-mijat payudara dapat membuat Mamsi merasa rileks. Agar lebih rileks lagi, Mamsi dapat melakukan pijat payudara sambil mendengarkan musik.

 

Tips Melakukan Pijat Payudara

cara memijat payudara

Bagi sebagian ibu, menyusui dapat menjadi tantangan tersendiri. Hal ini wajar saja karena kondisi setiap ibu berbeda-beda.

Meskipun demikian, jangan sampai Mamsi jadi stres karena kesulitan menyusui. Justru, Mamsi perlu mencari cara untuk membuat kegiatan menyusui nyaman sehingga ASI dapat keluar dengan lancar. Mamsi juga dapat menghubungi konsultan laktasi untuk minta bantuan dalam hal menyusui.

Selain itu, beberapa tips berikut juga dapat membantu Mamsi dalam melakukan pijat payudara yang benar.

-  Pijat payudara dapat dilakukan saat Mamsi mengalami pembengkakan payudara. Hal ini kadang terjadi bila Mamsi belum sempat menyusui atau memompa.

Namun, bila pembengkakan payudara sudah mencapai tahap infeksi, payudara terlihat kemerahan, dan Mamsi demam hingga menggigil, segera hubungi dokter.

-  Lakukan “pemanasan” sebelum Mamsi melakukan pijat payudara. Berikut beberapa langkah “pemanasan” yang dapat Mamsi lakukan:

  1. Kompres payudara dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit.
  2. Mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa pada telapak tangan, lalu tekan-tekan bagian payudara yang keras.

Tujuan dari “pemanasan” ini adalah menghangatkan lemak pada ASI yang masih membeku dan mencairkan ASI.

-  Ada juga pilihan lain untuk cara memijat payudara. Pertama, pijat perlahan areola ke arah atas dan bawah, dari kanan ke kiri. Ulangi langkah ini 5–6 kali pada tiap payudara.

Kedua, lakukan pijatan melingkar mengikuti bentuk lingkaran payudara. Ulangi langkah ini 5–6 kali pada tiap payudara.

  1. Lakukan massage payudara secara lembut. Jika payudara sudah membengkak, pijat payudara ke arah ketiak, yaitu lokasi sumber kelenjar ASI, untuk membuka saluran ASI.
  2. Siapkan wadah untuk menampung ASI yang bisa saja keluar saat Mamsi sedang melakukan pijat payudara.
  3. Pijat payudara merupakan salah satu cara yang mudah untuk membantu melancarkan ASI. Langkah ini dapat dilakukan dalam waktu sekitar 15 menit saja.

Mamsi dapat melakukan pijat payudara kapan saja sesuai kenyamanan dan kebutuhan Mamsi. Misalnya, saat Mamsi mandi menggunakan air hangat sehingga menjadi rileks.

-  Makin optimal dengan dukungan keluarga. Salah satu faktor yang menentukan kelancaran pemberian ASI adalah dukungan pasangan dan keluarga.

Dengan dukungan yang tepat, Mamsi dapat melakukan pijat payudara dalam suasana yang nyaman dan tenang. Kegiatan menyusui pun terasa menyenangkan sehingga Mamsi dapat menjalin bonding yang kuat dengan bayi.

Konsumsi makanan bergizi seimbang untuk mendukung produksi ASI sehat bernutrisi. Ibu menyusui perlu mengonsumsi 2800 kalori per hari yang dapat diperoleh dari protein, karbohidrat, sayur, dan buah.

 

Pijat Oksitosin yang Bikin Rileks

cara pijat payudara

Selain pijat payudara, Mamsi juga dapat mencoba pijat oksitosin untuk membuat tubuh merasa rileks sehingga Mamsi jadi lebih bersemangat menyusui. Pijat oksitosin juga dapat mempercepat pemulihan pascaoperasi caesar. Pijat oksitosin ini dapat dilakukan dengan bantuan Papsi.

Berikut langkah-langkah pijat oksitosin:

  1. Pijat oksitosin ini dapat dilakukan selama 2–3 menit.
  2. Pijat kuat dengan gerakan melingkar.
  3. Pijat kedua sisi tulang belakang menggunakan kepalan tangan dengan ibu jari menunjuk ke depan.
  4. Posisi tubuh duduk bersandar menghadap ke depan. Mamsi dapat memeluk bantal agar lebih nyaman.
  5. Gunakan minyak zaitun atau minyak lain untuk memijat.
  6. Pijat sisi tulang belakang ke arah bawah hingga dada, serta dari leher ke tulang belikat.
  7. Pijat oksitosin juga dapat dilakukan dengan menekan dan memutar titik oksitosin pada tubuh, yang terletak 6 jari di atas puting pada saat awal-awal masa melahirkan.

Bila ASI Mamsi banyak, bayi pun akan banyak menyusu. Akibatnya, proses tumbuh kembang bayi dapat berjalan lancar dan baik. Mamsi pun tenang dan happy melihatnya.

Teruslah bersemangat memberikan ASI eksklusif bagi Si Kecil ya, Mam! Lakukan #KawalAwal 100% ASI for MORE dan dukung pemberian ASI eksklusif demi memberikan yang terbaik di kehidupan Si Kecil. Konsumsi makanan bergizi sebagaimana dijelaskan di atas dan pastikan Mamsi mengetahui cara memijat payudara yang benar untuk membantu melancarkan ASI.

Selain itu, Mamsi juga dapat mengonsumsi suplemen pelancar ASI Herba ASIMOR. Produk herbal untuk melancarkan ASI ini terbuat dari kombinasi dua tanaman asli Indonesia, yaitu daun katuk dan daun torbangun yang secara turun temurun dipercaya dapat membantu melancarkan produksi ASI.

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR