100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




5 Cara Memperbanyak ASI dengan Olahraga Ringan di Rumah

Admin | Feb 01 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image 5 Cara Memperbanyak ASI dengan Olahraga Ringan di Rumah Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Kegiatan menyusui si Kecil bisa menimbulkan berbagai macam kesan. Kadang Mamsi merasa bahagia karena bonding erat dengan bayi. Di sisi lain, Mamsi mungkin merasa kelelahan karena selain menyusui, Mamsi juga harus mengerjakan berbagai tugas lain.

Pada waktu lain, Mamsi juga mungkin sempat stres karena ASI tiba-tiba seret. Sudah mencoba sejumlah cara memperlancar ASI, tapi ASI yang keluar tidak sebanyak sebelumnya.

Mamsi tak perlu terlalu khawatir dengan semua itu. Perjalanan menyusui setiap ibu pasti berbeda-beda. Setiap perjalanan diwarnai oleh ups and downs. Namun, selama Mamsi melakukan cara-cara memperlancar ASI, kemungkinan besar produksi ASI Mamsi akan lancar-lancar saja.

Salah satu cara memperbanyak ASI yang disebut efektif adalah berolahraga. Para ahli mengatakan, olahraga menyimpan manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Olahraga dapat mencegah kelebihan berat badan. Bila Mamsi rajin berolahraga, tubuh pun secara rutin membakar kalori sehingga berat badan dapat terjaga normal.

Olahraga juga dapat memberikan efek positif ke kesehatan mental. Ini karena aktivitas fisik akan merangsang pelepasan zat kimia dari otak yang menimbulkan perasaan senang dan tenang. Ini alasan banyak orang bilang olahraga bisa membuat mereka merasa lebih happy.

Selain itu, karena rajin olahraga, berat badan menjadi ideal dan tubuh umumnya lebih bugar. Kondisi ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri hingga membuat penampilan lebih menarik.

Bagi ibu menyusui, efek olahraga memang tidak langsung ke produksi ASI. Namun, Mamsi yang rajin berolahraga akan merasakan berbagai manfaat berikut:

Lebih berenergi. Mengurus bayi baru lahir memang menghabiskan banyak energi. Tak heran bila Mamsi sering kelelahan dan kewalahan. Dalam hal ini, olahraga dapat membantu mengembalikan energi yang sudah terkuras.

Memperbaiki suasana hati. Kelelahan yang dialami oleh ibu baru melahirkan kadang terasa sulit dihadapi. Olahraga bisa membantu menghalau kecemasan hingga risiko depresi pascapersalinan yang dirasakan ibu menyusui.

Berat badan normal. Ibu menyusui membakar kalori lebih banyak sehingga membutuhkan ekstra asupan kalori. Bila tidak berhati-hati, asupan kalori ekstra ini bisa berujung pada kenaikan berat badan. Dengan rutin berolahraga, kelebihan kalori pun akan dibakar alih-alih menumpuk di tubuh.

Memperkuat bonding dengan bayi. Bila suasana hati Mamsi bagus, kualitas bonding dengan bayi saat menyusui pun membaik.

Olahraga bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Mamsi dapat menyisihkan waktu khusus untuk berolahraga ringan di rumah, atau melakukannya di sela berbagai aktivitas.

Nah, sudah siap untuk menjadi lebih bugar? Berikut lima cara memperbanyak ASI dengan olahraga di rumah.

 

1.  Wall Push-Up

cara memperlancar asi

Olahraga ini gampang sekaligus aman bagi ibu menyusui. Mamsi hanya membutuhkan dinding sebagai tumpuan. Mamsi cukup berdiri menghadap dinding, regangkan kaki selebar bahu, dan tempelkan kedua telapak tangan di dinding.

Condongkan tubuh ke arah dinding hingga tangan menekuk, tetapi pertahankan posisi kaki, lalu tarik tubuh ke belakang hingga tangan lurus. Ulangi gerakan ini selama beberapa kali untuk memperkuat otot lengan.

 

2.  Plank

cara memperlancar asi

Gerakan plank yang mirip dengan push up ini aman bagi ibu menyusui. Olahraga plank dapat membantu memperkuat punggung, dada, bahu, leher, serta mengencangkan otot kaki, perut, bokong, dan tangan.

Mamsi yang sedang berusaha menurunkan berat badan sebaiknya melakukan plank secara rutin. Selain membakar kalori, plank juga membantu Mamsi mendapatkan berat badan ideal meski masih menyusui bayi.

 

3.  Sit Up

cara memperlancar asi

Sit up juga aman dilakukan ibu menyusui, selama tidak ada masalah pada otot dan organ reproduksi pascamelahirkan. Sit up dapat melatih berbagai otot tubuh agar lebih kencang, seperti otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, dan leher.

 

4.  Angkat Beban Ringan

cara memperlancar asi

Tujuan utama olahraga angkat beban biasanya melatih kebugaran otot. Selain itu, olahraga ini juga bisa membantu menurunkan berat badan berlebih, menyehatkan tulang, dan memperbaiki postur tubuh.

Angkat beban ringan bisa menjadi alternatif bila Mamsi sedang jenuh latihan kardio, misalnya. Mamsi juga bisa menjadikan angkat beban ringan sebagai variasi dalam rutinitas olahraga Mamsi. Semakin beragam jenis olahraga yang Mamsi lakukan, efeknya pun lebih baik ke kebugaran tubuh.

Untuk menguatkan otot kaki, Mamsi dapat mencoba cara ini: angkat kedua kaki hingga lutut sejajar dengan wajah. Letakkan Si Kecil (sambil dipegangi) di atas kaki, lalu naikkan dan turunkan kaki selama beberapa kali. 

 

5.  Yoga Pascapersalinan

cara memperlancar asi

Latihan yoga dapat membantu membakar kalori sekaligus membuat tubuh rileks. Mamsi yang senang dengan jenis olahraga low impact dapat melakukan latihan yoga pascapersalinan untuk menurunkan berat badan ekstra selama hamil.

Bagi ibu menyusui, yoga dapat membantu mengurangi nyeri di payudara dan menghilangkan stres. Tak heran bila yoga disebut sebagai salah satu cara memperbanyak ASI.

Berikan support terbaik #KawalAwal untuk si Kecil dengan manfaat optimal ASI booster Herba ASIMOR ya, Mam. Selain membuat jadwal rutin berolahraga, Mamsi juga dapat mencoba cara memperbanyak ASI dengan mengonsumsi Herba ASIMOR. Langkah ini bisa dilakukan terutama sebagai cara memperbanyak ASI secara alami.

Mengombinasikan olahraga dengan asupan suplemen ASI booster Herba ASIMOR bisa secara efektif membantu melancarkan produksi ASI karena Herba ASIMOR. Mengandung kombinasi dua tanaman asli Indonesia, yaitu daun katuk dan daun torbangun, yang secara turun temurun dipercaya dapat membantu melancarkan produksi ASI.

Dengan bantuan Herba ASIMOR, Mamsi tak perlu lagi cemas akan kendala ASI seret atau bayi tak mendapat ASI cukup. Namun, bila Mamsi masih memiliki kekhawatiran soal menyusui, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter atau ahli laktasi.

 

References:

popmama.com/pregnancy/birth/arina-yulistara/olahraga-yang-aman-untuk-ibu-menyusui

hamil.co.id/gaya-hidup/tips-olahraga/olahraga-untuk-ibu-menyusui

whattoexpect.com/first-year/breastfeeding/exercise-while-breastfeeding/

mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20048389

klikdokter.com/info-sehat/read/3619129/inilah-5-manfaat-olahraga-angkat-beban

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
^M

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

^M
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR