100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




5 Cara dan Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir

Admin | Mar 22 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image 5 Cara dan Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Nggak ada salah dan benar saat kita bicara tentang cara menyusui bayi baru lahir. Semuanya kembali ke kenyamanan Mamsi dan si Kecil karena hal ini merupakan hal yang terpenting.

Biasanya Mamsi butuh beberapa kali trial dan error untuk menemukan posisi menyusui bayi baru lahir yang paling nyaman. Ketika sudah merasa nyaman, Mamsi akan lebih tenang dan tubuh pun merasa rileks sehingga dapat memproduksi ASI lebih banyak.

Produksi ASI yang meningkat tentu menjadi hal vital dalam #KawalAwal ASI untuk si Kecil. Karena itu, yuk coba beberapa posisi menyusui berikut untuk memastikan si Kecil mendapatkan asupan ASI dengan nyaman tanpa kendala.

 

Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir

Untuk menemukan posisi menyusui yang benar dan nyaman, jangan batasi diri untuk mengeksplor posisi menyusui sambil duduk saja. Mamsi juga bisa mencoba menyusui sambil tiduran atau berdiri, lho.

 

1.  Posisi Cradle Hold atau Posisi Menggendong

posisi peletakan menyusui

Ini merupakan posisi menyusui yang paling banyak dipraktikkan ibu menyusui karena cukup mudah dilakukan. Untuk menyusui dengan posisi cradle hold, coba cara berikut ini:

  1. Biasanya jika menyusui di payudara kanan, kepala si Kecil akan disandarkan ke lipatan lengan kanan juga, dan sebaliknya.
  2. Posisikan kepala si Kecil di salah satu lengan. Dekap tubuh si Kecil hingga menyentuh tubuh Mamsi. Jika menyusui di payudara kanan, pastikan lengan kiri si Kecil berada di bawah ketiak Mamsi atau memeluk tubuh Mamsi.
  3. Agar tidak pegal, Mamsi bisa menggunakan tumpukan bantal yang diletakkan di bawah tangan selama menyusui si Kecil.

 

2.  Posisi Crossover Hold atau Posisi Menggendong Silang

posisi peletakan menyusui

Posisi menyusui bayi baru lahir yang satu ini merupakan kebalikan dari posisi cradle hold. Berikut perbedaannya:

  1. Saat si Kecil menyusu di payudara kiri, topang kepalanya dengan telapak tangan kanan Mamsi.
  2. Posisi menyusui ini mengharuskan pergelangan tangan Mamsi berada di area pundak si Kecil, lalu tempatkan ibu jari di belakang satu telinga, dan tiga jari lainnya di belakang telinga satunya lagi.
  3. Nah, tangan yang tidak digunakan untuk memegang bayi bisa membantu Mamsi mengarahkan payudara ke mulut si Kecil dan menopang payudara selama sesi menyusui.

 

3.  Posisi Side Lying atau Posisi Berbaring Miring

posisi peletakan menyusui

Mamsi pasti sangat menyukai cara menyusui bayi baru lahir ini. Selagi menyusui, Mamsi juga bisa ikutan istirahat dalam posisi berbaring miring.

Posisi menyusui bayi baru lahir ini sangat cocok dilakukan saat si Kecil ingin menyusu di tengah malam atau untuk Mamsi yang baru melalui proses persalinan.

Hal terpenting adalah Mamsi jangan sampai Mamsi ketiduran, ya! Simak yuk, cara melakukan posisi menyusui side lying ini:

  1. Mamsi dan si Kecil bisa berbaring miring berhadapan dengan posisi perut si Kecil menempel pada perut Mamsi.
  2. Gunakan salah satu tangan Mamsi untuk menyokong tubuh si Kecil agar tidak terguling ke arah sebaliknya. Gunakan tangan lainnya untuk mengarahkan payudara ke mulut si Kecil.

 

4.  Posisi Football Hold atau Posisi Menyangga Kepala

posisi peletakan menyusui

Dikenal juga dengan sebutan clutch hold, posisi menyusui ini sangat cocok jika Mamsi menjalani persalinan operasi caesar dan ingin menghindari area perut saat sedang menyusui si Kecil.

Posisi menyusui bayi baru lahir dengan cara ini juga akan memudahkan Mamsi dengan ukuran payudara besar, melahirkan bayi prematur, atau bayi kembar.

  1. Mamsi bisa duduk dan posisikan tubuh si Kecil berbaring di sisi tubuh Mamsi atau di bawah ketiak, dengan wajah menghadap Mamsi. Posisi kaki si Kecil dapat diselipkan di bawah ketiak Mamsi.
  2. Sangga kepala bayi dengan tangan, dan gunakan tangan lainnya untuk mengarahkan payudara.

 

5.  Posisi Laid-Back atau Posisi Duduk Bersandar

posisi peletakan menyusui

Tidak kalah dengan posisi berbaring miring, posisi duduk bersandar juga bisa membuat dilakukan sembari Mamsi istirahat sejenak.

Posisi ini merupakan kunci jika Mamsi memiliki payudara kecil atau bisa juga digunakan untuk menyusui bayi saat perutnya sedang bergas atau kembung.

  1. Duduklah di kursi atau kasur yang posisinya membuat Mamsi nyaman untuk bersandar ke belakang.
  2. Saat bersandar, posisikan tubuh si Kecil menghadap Mamsi, dengan posisi perutnya menempel pada tubuh Mamsi.
  3. Saat berada dalam posisi ini, si Kecil dapat mengarahkan dirinya bergerak menuju puting, seperti saat inisiasi menyusu dini ketika baru lahir. Mamsi juga bisa membantu mengarahkan payudara ke mulut si Kecil dengan tangan.
  4. Selama bayi menyusu, Mamsi bisa bersandar dan rileks menikmati momen bonding bersama si Kecil.

Dari lima posisi menyusui di atas, cara menyusui bayi baru lahir mana nih, yang paling nyaman menurut Mamsi?

Selain memerhatikan posisi menyusui bayi baru lahir, jangan lupakan asupan nutrisi dan makanan pelancar ASI demi #KawalAwal ASI berkualitas untuk si Kecil.

Mamsi bisa mengonsumsi Herba ASIMOR yang mengandung daun katuk dan daun torbangun untuk meningkatkan produksi ASI. Dengan begitu, proses menyusui akan berjalan jadi lebih mudah.

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR