100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




3 Cara Nyaman dan Benar Menyusui Bayi Kembar

Admin | Apr 28 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image 3 Cara Nyaman dan Benar Menyusui Bayi Kembar Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Sejak sebelum melahirkan, Mamsi mungkin sudah mempelajari cara menyusui bayi yang benar. Namun, ketika ternyata melahirkan bayi kembar, Mamsi mungkin bingung apakah cara tersebut dapat dipraktikkan pada kedua bayi.

Pada prinsipnya, Mamsi didorong untuk menyusui kedua bayi secara langsung dan bersamaan. Sebaiknya hindari melakukan direct breastfeeding pada satu bayi dan memberi ASI perah kepada bayi yang lain.

Direct breastfeeding memungkinkan Mamsi menjalin bonding dengan kedua bayi. Bila bayi diberi ASI menggunakan botol, ia berisiko mengalami bingung puting dan menolak menyusu langsung dari payudara Mamsi lagi.

Selain itu, secara umum, perkembangan bayi yang menyusu menggunakan dot juga akan berbeda dengan bayi yang menyusu langsung dari payudara ibunya.

 

3 Posisi Nyaman Menyusui Bayi Kembar

menyusui bayi kembar

Agar proses menyusui bayi kembar berjalan lancar, Mamsi tetap perlu memerhatikan cara menyusui bayi yang benar dan nyaman bagi Mamsi. Misalnya, posisi menyusui harus benar dan pelekatan bayi ke payudara Mamsi juga tepat.

Mamsi dapat menyusui bayi secara langsung bersamaan atau bergantian pada kedua payudara. Dengan begitu, kedua payudara Mamsi akan terstimulasi oleh isapan bayi.

Dalam buku Anti Stres Menyusui: Panduan Dasar & Lengkap, konsultan ASI bersertifikat internasional dr. Astri Praborini Sp.A., IBCLC dan dr. Ratih Ayu Wulandari, IBCLC membagi tips posisi dan cara menyusui yang benar untuk bayi kembar.

 

  • Posisi Double Football Hold

menyusui bayi kembar

Pertama-tama, Mamsi perlu duduk dengan nyaman. Letakkan bantal di atas pangkuan Mamsi. Dengan bantuan orang lain, letakkan bayi pertama di payudara kanan dan bayi kedua di payudara kiri, keduanya menghadap ke arah luar badan Mamsi. Bersandarlah dan dekap kedua bayi ke badan Mamsi.

 

  • Posisi Double Cradle Hold

menyusui bayi kembar

Duduklah dengan nyaman di kursi yang ada sandarannya. Letakkan bantal di atas pangkuan Mamsi. Dengan bantuan orang lain, letakkan bayi pertama di payudara kanan dan bayi kedua di payudara kiri, keduanya menghadap ke arah dalam badan Mamsi. Bersandarlah dan dekap kedua bayi ke badan Mamsi.

 

  • Posisi Reclining

menyusui bayi kembar

Mamsi perlu bersandar setengah tidur dengan disangga bantal. Dengan bantuan Papsi atau anggota keluarga lain, letakkan bayi pertama di salah satu payudara, dengan posisi tengkurap di dada Mamsi. Bila posisi bayi pertama sudah pas, letakkan bayi kedua di payudara satunya dengan posisi serupa bayi pertama. Letakkan bantal di bawah kedua tangan Mamsi agar tidak pegal. Posisi bersandar setengah tidur ini juga dapat membuat Mamsi relaks dan beristirahat.

 

Tips Sukses Berikan ASI Eksklusif pada Si Kembar

menyusui bayi kembar

Pada dasarnya, kunci keberhasilan pemberian ASI pada bayi kembar sama saja dengan saat menyusui satu bayi. Namun, Mamsi dengan bayi kembar umumnya merasa lebih khawatir mengenai persediaan ASI-nya, cara menyusui bayi yang benar, dan bilamana Si Kembar lapar secara bersamaan.

Tenang, Mamsi. Ikuti saja tips berikut agar proses pemberian ASI eksklusif pada Si Kembar dapat berjalan lancar.

 

  • Penuhi Nutrisi Mamsi

Kebutuhan nutrisi harian ibu menyusui meningkat dibandingkan ibu yang tidak menyusui. Ibu menyusui membutuhkan tambahan 400–500 kalori per hari dibandingkan dengan sebelum hamil. Agar bisa menghasilkan ASI berkualitas, Mamsi perlu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tersebut.

Mamsi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan sehat seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Mamsi juga perlu mengonsumsi banyak asupan berserat dan mencukupi kebutuhan cairan dengan banyak minum.

Usahakan untuk mengonsumsi beragam jenis makanan agar Mamsi dapat memperoleh kandungan gizi dari berbagai makanan tersebut.

 

  • Tentukan Spot Menyusui yang Nyaman

Selain cara menyusui yang benar, memiliki satu spot khusus untuk menyusui juga dapat membantu. Pilihlah satu spot di rumah sebagai tempat khusus untuk Mamsi menyusui. Misalnya, salah satu sudut kamar atau ruang keluarga.

Lengkapi spot tersebut dengan barang-barang Mamsi butuhkan saat menyusui, seperti bantal, selimut, air minum, buku, atau pemutar musik. Dengan begitu, Mamsi akan merasa nyaman saat menyusui Si Kembar. Bila Mamsi merasa nyaman, proses menyusui pun dapat berjalan dengan baik dan produksi ASI terus lancar.

 

  • Hindari Stres dan Jangan Lupa Me Time, ya, Mam!

Mengurus dan menyusui bayi kembar sudah pasti akan melelahkan dan rawan stres. Maka itu, antisipasi keadaan tersebut dengan merencanakan me time untuk beristirahat, menyegarkan pikiran, atau menghindari stres. Istirahat itu penting lho, Mamsi!

Pilih satu aktivitas yang dapat membuat Mamsi tenang dan terhibur, lalu buat jadwal agar Mamsi dapat melakukannya secara berkala. Bicarakan dengan Papsi mengenai hal ini agar Papsi dapat membantu Mamsi mengurus Si Kembar saat Mamsi perlu me time sejenak.

Atau, Mamsi bisa melakukan me time tanpa meninggalkan Si Kembar, misalnya dengan berbelanja online dari rumah. Memilih-milih benda yang ingin dibeli juga bisa menjadi membuat mood Mamsi positif dan secara tidak langsung menjadi booster ASI.

 

  • Tak Perlu Sungkan Minta Bantuan Papsi dan Anggota Keluarga Lain

Kondisi psikologis Mamsi yang tenang dan bahagia sangat penting untuk kelancaran pemberian ASI eksklusif. Meski asupan nutrisi Mamsi baik, tetapi di saat yang sama Mamsi dirundung stres atau kelelahan, produksi ASI dapat terpengaruh. Bukan itu saja, bila Mamsi stres, perasaan tersebut dapat dirasakan oleh bayi dan bisa membuat mereka jadi tidak tenang juga.

Jadi, hindari memaksakan diri mengurus sendiri Si Kembar bila Mamsi sudah kelelahan. Mintalah bantuan Papsi atau anggota keluarga lain untuk membantu meringankan tugas Mamsi. Dengan adanya bantuan dari orang lain, Mamsi akan merasa lebih ringan dan tenang.

 

5 Fakta Seputar Menyusui Bayi Kembar

menyusui bayi kembar

Menyusui bayi kembar merupakan suatu pengalaman yang unik. Agar tidak terlalu terkejut, Mamsi dapat mengintip beragam info berikut yang berhubungan dengan aktivitas menyusui bayi kembar.

 

  • Si Kembar adalah Dua Sosok yang Berbeda

Mamsi mungkin sudah menyadari hal ini. Perbedaan ini juga bisa terlihat dari cara mereka menyusui, lho. Misalnya, bayi pertama lebih suka menyusu terus sampai kenyang, sedangkan bayi kedua suka menyusu sedikit-sedikit tapi sering.

Jadi, Mamsi tak perlu khawatir bila cara menyusu Si Kembar berbeda. Mamsi juga tak perlu berusaha membuatnya sama. Ikuti saja pola keduanya agar Si Kembar terus nyaman menyusu.

 

  • Pertimbangkan Bantal Menyusui

Bila memungkinkan, Mamsi dapat menggunakan bantal yang memang dirancang untuk membantu Mamsi menyusui bayi kembar. Bantal ini akan memudahkan Mamsi mengatur posisi menyusui bayi kembar serta mendukung cara menyusui bayi yang benar.

 

  • Jika Menyusui Bayi Kembar 3 atau Lebih

Mamsi yang memiliki bayi kembar tiga tentu tidak bisa menyusui mereka sekaligus. Mamsi hanya dapat menyusui dua bayi secara bersamaan, lalu disusul dengan bayi ketiga.

Ingatlah untuk mengubah giliran menyusu para bayi, ya, Mamsi. Sebaiknya diatur agar bayi yang menyusu sendirian selalu bergantian.

 

  • Fokus pada Pelekatan

Sama seperti saat menyusui satu bayi, salah satu penentu kesuksesan menyusui adalah pelekatan yang benar. Pelekatan menyusui yang tepat akan mencegah payudara nyeri sehingga proses menyusui berjalan lancar.

Maka, setiap kali menyusui, pastikan pelekatan bayi ke payudara Mamsi sudah tepat. Berikut tanda-tanda pelekatan menyusui yang benar:

- Tampak lebih banyak areola (bagian berwarna lebih gelap di sekitar puting) di atas bibir daripada di bawahnya

- Mulut bayi terbuka lebar

- Bibir bawah terlipat ke arah luar

- Dagu bayi menempel pada payudara

 

  • Persiapkan sejak Kehamilan

Dalam situs Ikatan Dokter Anak Indonesia disebutkan, persiapan menyusui bayi kembar harus dimulai sejak dini. Sejak masa kehamilan, Mamsi perlu mendapatkan pengetahuan mengenai anatomi-fisiologi menyusui, konseling yang tepat, cara menyusui yang benar, serta asupan nutrisi ibu yang baik dan cukup. Semua itu akan memengaruhi keberhasilan Mamsi menyusui bayi kembar.

Salah satu persiapan yang dapat Mamsi lakukan adalah berkonsultasi ke ahli laktasi. WHO menganjurkan ibu hamil melakukan konseling laktasi pada masa kehamilan minimal dua kali. Dalam konseling laktasi, Mamsi akan mendapatkan pengetahuan mengenai hal-hal yang akan Mamsi dan keluarga hadapi, di antaranya:

- Manfaat ASI dalam mencegah risiko infeksi, alergi, dan penyakit kronis

- Posisi dan pelekatan menyusui yang baik dan benar

- Berbagai posisi maupun cara menyusui bayi kembar secara bersamaan

- Inisiasi menyusu dini dapat tetap dilakukan pada kedua bayi, meski mungkin lebih membutuhkan kesabaran

- Diperlukan usaha yang maksimal untuk menyusui kedua bayi pada hari-hari pertama pascapersalinan

- Kemungkinan Mamsi melahirkan melalui operasi caesar

- Kemungkinan bayi terlahir kecil

- Pentingnya dukungan dari Papsi agar Mamsi tidak kelelahan

- Tumbuh kembang yang akan dihadapi bayi kembar

- Pentingnya Mamsi mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan cukup

 

Dapatkan Dukungan dan Penyemangat, Mamsi!

menyusui bayi kembar

Menyusui satu bayi saja terkadang menimbulkan tantangan tersendiri, apalagi menyusui bayi kembar. Mamsi perlu waktu dan tenaga yang lebih untuk menyusui bayi kembar. Oleh karena itu, penting bagi Mamsi untuk memahami cara menyusui bayi yang benar.

Dan, jangan patah semangat atau langsung merasa terbebani ya, Mamsi. Ingatlah bahwa ASI merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan bayi sejak lahir hingga minimal enam bulan pertama hidupnya.

Lebih dari itu, saat bayi menyusu, kontak yang terjadi antara Mamsi dengan bayi, baik fisik maupun batin, memengaruhi jumlah ASI. Menyusui secara langsung juga dapat meningkatkan bonding antara Mamsi dengan bayi, lho.

Pada Mamsi yang melahirkan bayi kembar, produksi ASI-nya pun akan menyesuaikan dengan “permintaan bayi” sehingga tetap mampu memenuhi kebutuhan bayi kembar. Jadi, Mamsi tak perlu cemas akan kekurangan ASI untuk bayi kembar.

Selain minta dukungan dari Papsi dan anggota keluarga lain untuk membantu Mamsi menyusui Si Kembar, Mamsi juga bisa mengonsumsi booster pelancar ASI Herba ASIMOR.

Herba ASIMOR terbuat dari herbal asli Indonesia, yaitu daun katuk dan daun torbangun yang telah dipercaya secara turun-temurun dapat membantu melancarkan produksi ASI.

Herba ASIMOR juga mengandung tambahan protein bioaktif fraksi dari ikan gabus. Sejak zaman dulu, perempuan yang baru melahirkan dianjurkan mengonsumsi ikan gabus untuk mempercepat pemulihan pascapersalinan dan penyembuhan luka pascaoperasi.

Dengan bantuan herbal pelancar ASI Herba ASIMOR, ASI dapat menjadi lebih kental dan membantu menambah nutrisi bayi.

Hal lain yang dapat menjadi penyemangat Mamsi dalam memberikan ASI eksklusif kepada Si Kembar adalah melihat pengalaman ibu bayi kembar lain yang sukses menyusui. Misalnya, pengalaman Mamsi Yuli yang memiliki bayi kembar tiga, namun berhasil memberikan ASI lancar, kental, dan berkualitas dengan dukungan Herba ASIMOR. Cek cerita Mamsi Yuli di Instagram @asimor.id, yuk, Mam!

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR