100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Inisiasi Menyusu Dini, Kunci Sukses ASI Eksklusif

Admin | Apr 27 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image Inisiasi Menyusu Dini, Kunci Sukses ASI Eksklusif Asimor ASI Booster Pelancar ASI

ASI memiliki semua kandungan nutrisi yang dibutuhkan bayi, terutama pada enam bulan pertama kehidupannya. Maka itu, Mamsi sebaiknya mempersiapkan pemberian ASI sejak si Kecil masih di dalam kandungan. Salah satu yang penting disiapkan adalah melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD).

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan bahwa IMD bisa dilakukan segera setelah bayi lahir dan tali pusatnya dipotong. IMD juga disebut sebagai langkah awal sekaligus kunci keberhasilan bagi seorang ibu dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

IMD adalah proses bayi menyusu pertama kali setelah dilahirkan. Bila Mamsi menjalani persalinan normal, bayi dapat diletakkan di atas perut Mamsi dalam posisi tengkurap. Bila Mamsi melahirkan melalui operasi caesar, dokter akan meletakkan bayi di atas dada Mamsi.

Saat diletakkan di atas perut atau dada Mamsi, seluruh tubuh bayi sudah dikeringkan dulu, kecuali kedua tangannya yang masih bau amnion atau air ketuban. Bila ruang bersalin terlalu dingin, Mamsi dan bayi dapat diselimuti, namun posisi bayi tetap di atas dada atau perut Mamsi.

Pada awalnya, bayi mungkin akan diam saja. Tetapi, dalam posisi tengkurap itu, sebenarnya ia waspada, lho, Mamsi. Bayi akan melihat ke sekelilingnya untuk mengenali lingkungan barunya.

Lalu, antara 12-44 menit kemudian, bayi mulai bergerak dengan menendang, menggerakkan kaki, bahu, dan lengannya. Gerakan bayi ini dapat merangsang rahim berkontraksi dan memulihkan diri setelah proses persalinan.

Aroma dari air ketuban yang masih melekat di tangan bayi akan mengarahkan gerakannya menuju puting susu Mamsi yang memiliki aroma serupa. Meskipun penglihatan bayi masih terbatas, namun ia bisa melihat areola (area berwarna gelap yang mengelilingi puting susu) yang berwarna lebih gelap dan bergerak menuju ke sana. 

Saat sudah mencapai areola, bayi akan mengangkat kepalanya, mengulum puting susu Mamsi, dan mulai menyusu.

Lamanya proses IMD ini berbeda-beda pada tiap Mamsi dan bayi. Kisaran waktunya antara  27–71 menit. Dari total waktu itu, yang dihabiskan oleh bayi untuk menyusu biasanya tidak terlalu lama, yaitu sekitar 15 menit. Sisanya, bayi bisa diam, tidur, bergerak-gerak, atau menyusu lagi.

Biarkan saja bayi bertindak bebas selama di dada Mamsi. Cukup memandangi polah pertama bayi itu saja bisa membuat Mamsi nyaman dan bahagia.

 

Manfaat IMD Bagi Ibu dan Bayi

imd

Proses IMD memang tidak terlalu lama, tetapi manfaatnya sangat besar! Manfaat IMD akan dirasakan Mamsi dan bayi pada saat mempraktikkannya hingga bertahun-tahun kemudian.

Berikut berbagai manfaat IMD bagi Mamsi dan bayi:

  • Bayi Mendapat Kolostrum

Kolostrum adalah ASI pertama yang keluar setelah Mamsi melahirkan. Kolostrum berwarna kekuningan, kaya nutrisi, dan mampu melindungi bayi dari penyakit.

Cairan pertama ASI ini jumlahnya tidak banyak, yaitu sekitar satu sendok teh. Karena kandungan nutrisinya tinggi, sudah sepatutnya diberikan kepada bayi. Melewatkan IMD sama saja melewatkan memberikan nutrisi terbaik yang hanya muncul sekali kepada bayi baru lahir.

  • Menenangkan Bayi

Setelah sembilan bulan berada di dalam rahim, bayi perlu waktu untuk beradaptasi dengan dunia di luar rahim Mamsi. Bayi bisa cemas dan stres juga lho, dengan lingkungan barunya ini.

Nah, praktik IMD dapat membantu menenangkan bayi setelah keluar dari tubuh Mamsi karena ada sentuhan fisik langsung antara kulit bayi dengan kulit Mamsi (skin to skin). Efek ini juga bisa bersifat jangka panjang, yaitu bayi lebih tenang di hari-hari pertama usianya.

  • Menghilangkan Sakit Pascamelahirkan

Proses melahirkan sangatlah melelahkan dan menimbulkan rasa sakit. Namun, rasa sakit ini dapat dikurangi dengan IMD karena ada sentuhan fisik langsung dengan bayi.

IMD tidak hanya dapat menenangkan bayi, tetapi juga Mamsi. Merasakan gerakan bayi di perut Mamsi dapat membuat Mamsi tenang, nyaman, dan bahagia sehingga rasa sakit pascamelahirkan berkurang atau bahkan hilang.

  • Memperkuat Bonding Mamsi dengan Bayi

Efek skin to skin pada IMD memang tidak bisa disepelekan. IMD akan memperkuat bonding atau ikatan emosional antara Mamsi dan bayi.

Dalam bonding terdapat tiga elemen, yaitu kontak mata, sentuhan, dan interaksi. Bonding pada 2 minggu pertama kehidupan bayi penting untuk mendukung pertumbuhannya serta melancarkan pemberian ASI.

  • Kunci Sukses ASI Eksklusif

IMD merupakan langkah awal kesuksesan pemberian ASI eksklusif. Melakukan IMD dapat mengurangi kemungkinan bayi kesulitan menyusu. Berbagai manfaat yang Mamsi dan bayi peroleh dari IMD akan membantu melancarkan proses menyusui hingga dua tahun ke depan.

Karena IMD dilakukan tepat setelah Mamsi melahirkan, Mamsi perlu mempersiapkan diri sejak masa kehamilan. Cari tahu informasi lengkap tentang IMD beserta manfaatnya agar Mamsi siap melakukannya pada hari persalinan.

Setelah sukses melakukan IMD, Mamsi perlu terus melakukan #KawalAwal ASI untuk Si Kecil. Hal ini penting agar kecukupan ASI dapat terpenuhi untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Dukungan memberikan ASI eksklusif juga bisa Mamsi dapatkan dari Papsi dan orang-orang terdekat. Selain itu, Mamsi dapat mengonsumsi booster ASI Herba ASIMOR untuk melancarkan produksi ASI.

Herba ASIMOR terbuat dari herbal asli Indonesia, yaitu daun katuk dan daun torbangun yang dipercaya secara turun-temurun dapat membantu melancarkan produksi ASI. Herba ASIMOR juga mengandung tambahan protein bioaktif fraksi dari ikan gabus. Sejak zaman dulu, perempuan yang baru melahirkan dianjurkan mengonsumsi ikan gabus untuk mempercepat pemulihan pascapersalinan dan penyembuhan luka pascaoperasi.

Lakukan IMD dan Mamsi pun akan lebih percaya diri dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayi!

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
^M

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

^M
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR