100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Mamsi, Ini 5 Manfaat dan Cara Melakukan Pijat Laktasi!

Admin | May 03 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image Mamsi, Ini 5 Manfaat dan Cara Melakukan Pijat Laktasi! Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Agar dapat sukses memberikan ASI, Mamsi harus rutin menyusui si Kecil. Namun, kadang ada situasi yang membuat produksi ASI Mamsi berkurang, seperti kelelahan fisik maupun psikis, payudara bengkak, pelekatan tidak benar, dan lain-lain. Bila masalah ASI seret ini terjadi pada Mamsi, coba atasi dengan pijat laktasi untuk melancarkan kembali produksi ASI.

Pijat laktasi adalah teknik pijat pada ibu menyusui untuk melancarkan ASI. Pijat laktasi biasanya dilakukan setelah ibu melahirkan atau ketika payudara ibu mengalami pembengkakan karena air susu yang tersumbat atau tidak keluar dengan lancar.

Mamsi mungkin bertanya-tanya, kenapa teknik pijat ini bisa melancarkan produksi ASI? Jawabannya karena pijat laktasi mampu memicu produksi oksitosin, yaitu hormon yang berperan penting dalam proses pengeluaran ASI.

Dalam artikel ilmiah yang berjudul “Effectiveness of Breast Massage in the Treatment of Women with Breastfeeding Problems: A Systematic Review Protocol” dijelaskan efektivitas pijat payudara dalam mengatasi sejumlah masalah menyusui.

Artikel yang diterbitkan di JBI Database of Systematic Reviews and Implementation Reports itu memaparkan berbagai studi yang meneliti pijat payudara sebagai solusi untuk mengatasi saluran tersumbat, meningkatkan suplai susu, mengurangi nyeri payudara, mengurangi pembengkakan payudara, dan meningkatkan pH ASI untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

 

5 Manfaat Pijat Laktasi

pijat laktasi

Sebenarnya, cara pijat laktasi kurang lebih sama dengan pijat payudara pada umumnya. Hanya, manfaatnya memang lebih banyak dirasakan oleh ibu menyusui, terutama terkait kelancaran ASI. Berikut berbagai manfaat pijat laktasi:

1.  Memperlancar Produksi ASI

Banyak penelitian menunjukkan pijat laktasi bekerja dengan baik untuk mengosongkan saluran ASI dan merangsang lebih banyak produksi ASI. Selain itu, pijat laktasi yang tepat juga dapat membantu memproduksi oksitosin, yang membantu mengendurkan otot saluran susu.

2.  Mengurangi Nyeri pada Payudara

Saat dipijat, susu yang menyumbat saluran atau menyebabkan pengerasan payudara akan mengendur. Sehingga, aliran susu kembali lancar dan rasa sakit yang Mamsi rasakan sebelumnya, akibat saluran ASI tersumbat, berkurang atau bahkan hilang.

Mamsi yang telah merasakan pijat payudara cenderung lebih jarang mengalami nyeri atau sakit pada payudaranya saat menyusui. Karena Mamsi merasa nyaman saat menyusui, bayi pun dapat mengisap lebih banyak ASI, yang kemudian merangsang produksi ASI di payudara.

3.  Membuat Pelekatan Lebih Mudah

Kadang bayi mengalami kesulitan untuk bisa mendapatkan pelekatan yang sempurna. Hal ini antara lain bisa terjadi saat payudara Mamsi dalam kondisi mengeras.

Nah, pijat laktasi dapat membantu melembutkan dan mengendurkan payudara yang mengeras itu. Sehingga, bayi pun dapat lebih mudah menyusu.

4.  Menjaga Kualitas ASI

Semua ASI memiliki kandungan yang baik dan berkualitas. Nah, pijat payudara mampu meningkatkan kandungan nutrisi dalam ASI, terutama bila dilakukan sejak hari pertama persalinan hingga 11 bulan kemudian.

Beberapa kandungan nutrisi dalam ASI yang kadarnya bisa meningkat berkat pijat payudara yaitu lemak, kasein, dan energi. Sementara, jumlah natrium (sodium) dalam ASI akan berkurang.

5.  Mencegah Payudara Kendur

Mamsi khawatir payudara menjadi kendur akibat menyusui si Kecil? Cobalah lakukan pijat laktasi secara rutin untuk mencegah hal itu terjadi.

Mamsi dapat memijat payudara menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau baby oil. Pijatan lembut pada payudara akan membantu melancarkan sirkulasi darah di area payudara.

 

6 Langkah Melakukan Pijat Laktasi

pijat laktasi

Pastikan Mamsi dalam kondisi relaks dan tidak sedang terburu-buru saat hendak melakukan pijat laktasi. Cara pijat laktasi sebaiknya di depan cermin agar Mamsi dapat melihat apakah gerakannya sudah tepat.

Sediakan waktu minimal 15 menit untuk melakukan pijat laktasi. Sebaiknya lakukan pijat ini sebelum waktu Mamsi menyusui atau memompa ASI.

Berikut 6 langkah melakukan pijat laktasi:

  1. Kompres kedua payudara dengan lap yang direndam air panas.
  2. Basahi kain kasa dengan baby oil, lalu usap di sekujur puting untuk membersihkan area puting yang kotor.
  3. Pijat puting dan areola ke arah atas, bawah, kanan dan kiri sebanyak 5-6 kali.
  4. Topang payudara kiri menggunakan tangan kiri, urut payudara dari pangkal ke arah puting menggunakan tangan kanan. Lakukan bergantian dengan payudara kanan.
  5. Bersihkan kedua payudara dengan air hangat lalu kompres menggunakan lap yang direndam air dingin.
  6. Lanjutkan dengan pijatan lembut di bagian kepala, leher, bahu dan punggung.

Selain dengan pijat laktasi, Mamsi juga dapat melakukan upaya-upaya berikut untuk melancarkan ASI:

  • - Inisiasi menyusu dini setelah melahirkan
  • - Rawat gabung dengan bayi jika memungkinkan (sesuaikan dengan kebijakan rumah sakit)
  • - Menyusui 3 jam sekali (min 8 kali dalam 24 jam)
  • - Direct breastfeeding
  • - Teknik menyusui yang tepat
  • - Memompa ASI pada kedua payudara dengan pengosongan maksimal
  • - Menjaga mood selalu positif dan bahagia supaya pasokan ASI pun meningkat (bisa terwujud dengan dukungan dari orang-orang terkasih, terutama Papsi)
  • - Memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat yang bisa mendukung peningkatan produksi ASI.

Penuhi kebutuhan nutrisi antara lain dengan mengonsumsi Herba ASIMOR, yaitu suplemen pelancar ASI yang mengandung bahan natural 100% herbal. Herba ASIMOR terbuat dari kombinasi ekstrak daun katuk dan daun torbangun yang telah dipercaya secara turun dapat membantu melancarkan produksi ASI.

Herba ASIMOR juga mengandung fraksi ikan gabus yang bisa mempercepat penyembuhan luka pascaoperasi. Tak heran bila Herba ASIMOR bisa menjadi ASI booster pilihan yang dapat membantu melancarkan ASI dengan volume optimal.

Teruslah bersemangat memberikan ASI kepada si Kecil ya, Mamsi. Dapatkan dukungan dari Papsi dan orang-orang terdekat agar Mamsi bahagia dan menikmati proses menyusui. Wujudkan #KawalAwal 100% ASI for MORe terbaik untuk sang buah hati.

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR