Asimor Produk
COBA Herba ASIMOR
  • ASI lebih lancar
  • Durasi menyusui lebih cepat
YUK, BELI Herba ASIMOR





Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD)
Admin | Aug 05 2020
Share Facebook Button Share Twitter Button
Feature Image Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD)


Facebook Share Button
Twitter Share Button

IMD wajib dilakukan segera setelah bayi dilahirkan, yaitu sekitar 30 menit sampai 1 jam pasca-persalinan. Dalam proses ini, bayi yang baru saja dilahirkan akan dibiarkan untuk mencari puting susu Mamsi tanpa bantuan siapapun.

Tahapan Proses IMD

Proses IMD umumnya dilakukan oleh bidan atau dokter. Namun, Mamsi perlu tahu bagaimana cara melakukan IMD yang tepat dan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan selama proses ini berlangsung.

Jadi, Mamsi tidak kaget dan dapat bekerja sama pada saat proses ini dilakukan. Tahapan IMD adalah sebagai berikut:

  1. Dimulai segera setelah bayi Mamsi lahir dan tali pusarnya dipotong, tanpa harus menunggu ia ditimbang atau dibersihkan dulu. Bayi diletakkan di perut jika persalinan normal atau di dada jika persalinan caesar. Kepala bayi diposisikan menghadap kepala Mamsi.
  2. Bidan atau perawat akan mengeringkan tubuh bayi, kecuali bagian kedua tangannya. Hal ini penting, karena bau air ketuban pada tangan bayi akan membantunya mencari puting payudara Mamsi yang memiliki bau yang sama. Verniks (lapisan lemak) yang menyelimuti tubuh bayi juga tidak perlu dibersihkan, karena dapat berfungsi sebagai penahan panas.
  3. Mamsi perlu memberi waktu untuk bayi beradaptasi terhadap lingkungan barunya. Dalam 30 menit pertama, saat dibiarkan tengkurap di atas perut Mamsi, ia akan tetap diam. Namun, ia akan waspada memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Bila ruang bersalin dingin, bayi Mamsi bisa diselimuti dan dipakaikan topi. Mamsi tidak perlu takut bayi kedinginan, karena pada dasarnya kulit Mamsi sudah cukup memberikan kehangatan kepadanya.
  4. Setelah 12-44 menit, bayi akan bergerak dengan menendang lalu menggerakkan kaki, bahu, dan lengannya. Stimulasi ini ternyata dapat membantu rahim Mamsi untuk berkontraksi.
    Meskipun kemampuan melihatnya masih terbatas, bayi dapat melihat puting payudara Mamsi yang berwarna lebih gelap dan bergerak menuju ke sana. Bayi akan membentur-benturkan kepalanya ke dada Mamsi. Ini merupakan stimulasi yang menyerupai pijatan pada payudara Mamsi dan bisa membantu mengatasi masalah menyusui, seperti: Lecet pada puting (terjadi karena posisi pelekatan payudara yang kurang tepat), payudara keras (terjadi pada awal menyusui karena bayi belum banyak minum), payudara membengkak (terjadi penyumbatan ASI).
  5. Setelah bayi berhasil mencapai puting Mamsi, dia akan mengangkat kepalanya, mengulum puting, dan mulai menyusu untuk pertama kalinya. Hal ini akan terjadi antara 27-71 menit.
  6. Pada saat bayi siap, dia akan menyusu selama kurang lebih 15 menit. Setelah selesai, selama 2–2,5 jam berikutnya ia tidak akan menyusu lagi. Selama menyusu, bayi akan mengkoordinasikan gerakan mengisap, menelan, dan bernapas.
  7. Setelah selesai tindakan IMD, barulah tindakan asuhan keperawatan lainnya dilakukan, seperti menimbang, pemeriksaan antropometri, penyuntikan vitamin K1, dan mengoleskan salep pada mata bayi.
  8. Tunda dulu memandikan si Kecil minimal 6 jam setelah lahir.
  9. Rooming inatau rawat gabung sangat dianjurkan, agar bayi tetap berada dalam jangkauan Mamsi. Jadi, bayi dapat disusui sesuai keinginannya.

Bayi Mamsi cerdas, bukan? Ia sudah bisa secara alami melakukan proses IMD tanpa harus diajarkan. Seorang bayi tahu bahwa ASI adalah nutrisi yang paling baik untuknya.

 

Mengapa perlu dilakukan IMD?

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), IMD adalah suatu proses yang sangat baik untuk memudahkan bayi dan Mamsi memulai proses menyusui. Di dalam proses ini, si Kecil melakukan kontak kulit secara langsung dengan kulit Mamsi, yang mana bermanfaat secara psikologis, yakni untuk mempererat ikatan kasih sayang antara Mamsi dan bayi.

 

Manfaat IMD

Tidak hanya itu, IMD juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan Mamsi dan mencegah kematian bayi. Yuk, kita kulik satu persatu manfaat IMD!

 

1Menjaga kelancaran produksi ASI

Proses IMD membantu meningkatkan kadar hormon prolaktin dalam tubuh Mamsi. Hormon ini berfungsi untuk menstimulasi kelenjar susu dalam memproduksi ASI.

 

2Meningkatkan peluang Mamsi memberikan ASI eksklusif lebih lama

Penelitian menyebutkan, Mamsi yang menjalani proses IMD cenderung berhasil memberikan ASI eksklusif dan menyusui lebih lama.

 

3Mengurangi angka kematian bayi

Menurut suatu studi yang dilakukan Karen Edmond dan kawan-kawan, komponen imun dan nonimun dalam ASI dapat mempercepat proses pematangan usus, meningkatkan resistensi terhadap infeksi, dan memulihkan jaringan di permukaan tubuh terhadap infeksi. Pada bayi yang mendapat kandungan komponen imun dan nonimun tersebut segera setelah lahir, risiko kematian akibat penyakit infeksi menjadi semakin kecil.

 

4Mengurangi perdarahan pasca-persalinan

Menurut penelitian, proses IMD dapat membantu mengurangi perdarahan pasca-persalinan, karena pada saat pencarian puting payudara, bayi merangkak di atas perut atau dada Mamsi. Ini berguna menekan plasenta juga rahim. Tekanan yang diberikan oleh bayi pun akan membuat perdarahan berhenti.

 

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Salah satu awal kesuksesan Mamsi untuk bisa memberikan ASI kepada bayi dimulai dari hal yang sederhana. Jadi bagi Mamsi yang saat ini sedang hamil, persiapkan diri untuk melakukan IMD dan yakinkan diri kalau Mamsi bisa!

Nah selama Pekan ASI ini Herba ASIMOR mau mengajak Mamsi untuk ikutan sharing pengalaman pertama berjumpa bayimu, saat memberikan IMD. Cara ikutan lengkapnya langsung ke IG @asimor.id aja Mamsi, sekaligus Herba ASIMOR juga lagi ada diskon untuk pembelian di Shopee dan kalau beli paket bisa dapet Silicone Breastpump juga. Selamat Pekan ASI Mamsi, dan selamat memberikan #KawalAwalUntukSelamanya bagi bayimu.

(sumber: https://www.guesehat.com/pentingnya-inisiasi-menyusu-dini)

REFERENCES arrow_downward
TAGS
PRODUK TERKAIT


Produk Terkait Image
Herba ASIMOR KAPLET ASI BOOSTER
  • - ASI lebih lancar & kental
  • - Durasi menyusui lebih cepat
CEK Herba ASIMOR arrow_forward
ARTIKEL TERKAIT


Ask for Expert