100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil di Trimester 3

Admin | May 03 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil di Trimester 3 Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Mamsi mungkin termasuk ibu hamil yang mengalami masalah susah tidur saat kehamilan memasuki trimester ketiga. Sudah mencoba berbagai posisi tidur, tetapi kenapa ya, tidur Mamsi tetap terasa tidak nyenyak? Sebenarnya bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil?

Pada trimester 3, perut Mamsi memang sudah cukup membesar. Hal ini yang menjadi penyebab banyak ibu hamil kesulitan menemukan posisi tidur yang baik sehingga tidur menjadi tidak nyaman.

Apakah ini artinya Mamsi tidak akan bisa tidur nyenyak sepanjang trimester 3? Tentu tidak.

Ibu hamil harus mendapatkan waktu tidur dan istirahat yang cukup. Mamsi perlu tidur berkualitas setidaknya tujuh jam dalam sehari agar tubuh dapat menyiapkan tenaga menuju persalinan.

Bukan hanya itu. Waktu tidur Mamsi yang tercukupi juga dapat melindungi bayi dari tekanan psikologis maupun tekanan kehamilan.

 

Posisi Tidur Ibu Hamil Trimester 3: Miring ke Kiri

ibu hamil

Jadi, ibu hamil susah tidur malam apa solusinya? Selain mengetahui jam tidur yang baik untuk ibu hamil, Mamsi perlu menemukan posisi tidur yang dapat membuat Mamsi nyaman dan bisa tidur nyenyak.

Nyatanya, posisi tidur ibu hamil trimester 3 yang nyaman bisa berbeda-beda pada tiap ibu hamil. Tetapi, para ahli menyarankan ibu hamil yang kehamilannya sudah memasuki trimester akhir untuk tidur dengan posisi miring ke kiri.

Selain bisa membantu Mamsi tidur nyenyak, posisi tidur ibu hamil trimester 3 ini dapat meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah terjadinya pembengkakan di kaki akibat penumpukan cairan. Dengan tidur miring ke kiri, aliran darah dan nutrisi ke janin pun menjadi lebih lancar.

 

Hindari Posisi Tidur Telentang, Tengkurap, dan Miring ke Kanan

wanita hamil

Bagi ibu hamil, tidur telentang bisa membuat rahim menekan pembuluh darah besar yang terletak di belakang organ tersebut. Selain itu, tidur dalam posisi telentang juga dapat memberikan tekanan pada tulang belakang dan otot punggung Mamsi. Akibatnya, Mamsi akan merasa pegal-pegal dan pusing karena suplai darah terganggu.

Sementara, tidur dengan posisi tengkurap bisa berbahaya bagi ibu hamil karena dapat mengganggu aliran darah ke janin serta aliran oksigen ke plasenta. Posisi tidur ini juga bisa membuat Mamsi pusing dan kesulitan bernapas.

Lalu, bolehkah ibu hamil tidur miring ke kanan? Ternyata posisi tidur ini juga sebaiknya dihindari. Posisi tidur menghadap ke kanan dapat menghambat aliran oksigen dan nutrisi ke plasenta sehingga janin berisiko kekurangan dua asupan penting tersebut.

 

Tips Tidur Nyaman di Trimester Ketiga Kehamilan

wanita hamil

Selain menemukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil di trimester 3, Mamsi juga dapat mencoba berbagai tips ini agar dapat tidur nyenyak.

  • Gunakan pakaian tidur yang longgar dan berbahan nyaman. Mengenakan pakaian yang terlalu ketat dapat membuat Mamsi merasa sesak. Sementara, bahan baju tidur yang nyaman misalnya yang halus, lembut, dan mampu menyerap keringat bisa membuat Mamsi lebih nyaman berisirahat.
  • Gunakan perpaduan bantal besar dan bantal kecil untuk mendapatkan posisi yang nyaman saat tidur. Bagi ibu hamil, terutama yang usia kehamilannya sudah besar, bantal merupakan alat pendukung tidur yang penting!

Penggunaan bantal yang tepat dapat membantu Mamsi menemukan posisi tidur ibu hamil trimester 3 yang nyaman. Selain bantal tidur yang biasa Mamsi gunakan, Mamsi juga dapat menggunakan bantal berukuran kecil untuk menyangga bagian tubuh tertentu.

Selain itu, sekarang juga sudah banyak tersedia bantal hamil yang dapat meningkatkan kenyamanan tidur ibu hamil.

  • Saat posisi tidur ke kiri, letakkan bantal di antara kaki dan di belakang punggung. Trik ini dapat membantu Mamsi mendapatkan posisi tidur yang nyaman, lho. Bantal yang diletakkan di antara kaki dan di belakang punggung dapat menopang posisi tidur Mamsi.
  • Minum susu hangat dengan madu sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Minum susu sebelum tidur disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa, tak terkecuali ibu hamil.

Selain membantu Mamsi tidur nyenyak, minum susu pada malam hari dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium secara sempurna oleh tubuh. Minum susu ibu hamil pada malam hari juga dapat membantu mempertahankan kadar gula darah yang optimal di malam hari.

  • Lakukan gerakan olahraga ringan khusus ibu hamil di bawah pengawasan instruktur. Pada pagi atau siang hari, Mamsi dapat melakukan olahraga ringan untuk membuat tubuh rileks. Dengan berolahraga, asupan oksigen ke dalam tubuh pun lebih lancar.

Manfaat olahraga tersebut akan Mamsi rasakan pada malam hari saat Mamsi dapat tidur nyenyak. Tetapi, ingatlah untuk melakukan olahraga yang aman bagi kehamilan. Berkonsultasilah dengan instruktur untuk mengetahui gerakan olahraga yang aman bagi Mamsi di trimester 3.

Seperti sudah disebutkan di atas, ibu hamil perlu memiliki waktu tidur yang cukup. Tidur adalah waktu tubuh mengatur ulang dan memperbaiki dirinya. Pada ibu hamil, tidur penting dilakukan karena dapat meningkatkan aliran darah ekstra untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Yang pasti, dengan tidur cukup, sistem kekebalan tubuh Mamsi akan lebih kuat sehingga Mamsi terlindungi dari risiko penyakit. Maka, temukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan penuhi kebutuhan tidur ibu hamil ya, Mamsi!

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
^M

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

^M
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR