Asimor Produk
COBA Herba ASIMOR
  • ASI lebih lancar
  • Durasi menyusui lebih cepat
YUK, BELI Herba ASIMOR





Tidak Hanya untuk Bayi, ASI Juga Bermanfaat untuk Mam, Lho!
Admin | Mar 16 2020
Share Facebook Button Share Twitter Button
Feature Image Tidak Hanya untuk Bayi, ASI Juga Bermanfaat untuk Mam, Lho!


Facebook Share Button
Twitter Share Button

Tidak ada asupan yang lebih baik untuk bayi selain ASI. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan memiliki banyak manfaat untuk bayi. ASI memiliki banyak kelebihan, salah satunya lebih mudah dicerna daripada susu formula. Kandungan nutrisi yang ada di dalam ASI pun diproduksi secara alami oleh tubuh, dan sangat dibutuhkan oleh bayi.

Namun selain baik bagi bayi, ASI dan proses menyusui ternyata juga baik untuk mam, lho! Dikutip dari detik.com, berikut ini beberapa khasiat ASI untuk mam yang mungkin tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Menyusui Bisa Bikin Hemat

Tentu saja manfaat ini akan berdampak langsung bagi keadaan ekonomi mam dan pap. ASI diproduksi secara alami oleh tubuh. Mam hanya perlu meningkatkan kualitas dan kuantitasnya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Jika mam memberikan ASI, maka mam tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli susu formula. Tak hanya itu, mam pun tidak perlu membeli sabun pencuci botol atau alat untuk mensterilkan botol susu. ASI juga meningkatkan daya tahan tubuh bayi, sehingga mampu menekan biaya berobat.

Menyusui Membuat Cepat Langsing

Siapa sih yang tidak ingin kembali ke bentuk badan semula seperti sebelum mengandung? Menyusui terbukti bisa membantu mam menjadi lebih cepat langsing, lho. Faktanya, menyusui mampu membakar sebanyak 500 kalori setiap harinya. Bahkan, menyusui juga bisa menghilangkan lemak buruk di bagian perut!

Hal tersebut telah didukung oleh penelitian yang disampaikan pada konferensi kesehatan American Heart Association di San Fransisco. Disebutkan bahwa wanita yang konsisten menyusui memiliki rata-rata lingkar pinggang 6,6 cm lebih kecil daripada wanita yang tidak pernah menyusui.

ASI Sebagai Perhiasan

Ya mam, ASI bisa dijadikan perhiasan. Perhiasan berbahan ASI ada bermacam-macam, diantaranya cincin, anting, liontin, gelang, dan batu permata buatan. Selain perhiasan, ASI juga bisa dijadikan souvenir, seperti gantungan kunci dan manik-manik. Beberapa mam mungkin merasa jijik dan menentang hal ini, namun permintaan terhadap suvenir dari ASI juga selalu meningkat, lho.

Contoh seorang mam yang telah mengembangkan hal ini menjadi lahan bisnis adalah Amy McGlade dari Adelaide, Australia. Ia mengaku bahwa banyak mam menyusui yang mengirimkan ASI mereka yang berlebih untuk dijadikan perhiasan lucu. Mengubah ASI menjadi suvenir bisa menjadi kenang-kenangan bagaimana susahnya proses menyusui. Apa mam tertarik mencobanya?

ASI Dijadikan Sebagai Sabun Mandi

ASI yang dimanfaatkan untuk membuat sabun bukan merupakan hal yang baru. Kalangan mam di Cina memanfaatkan ASI yang berlebih menjadi sabun melalui instruksi yang mereka peroleh dari internet. Lalu, mereka menjualnya di salah satu situs belanja online Cina. Mam-mam di beberapa negara Eropa dan Amerika juga telah melakukan hal yang sama.

Manfaat menggunakan sabun dari ASI ini di antaranya melembutkan dan memutihkan kulit, mengontrol kadar minyak, mengurangi kemerahan, serta mengobati jerawat maupun ruam. Seorang wanita di Amerika Serikat mengatakan, ia menambahkan bahan-bahan dasar organik pada sabun ASI yang dibuatnya dan telah digunakan oleh seluruh anggota keluarganya.

ASI untuk Facial

Sama dengan konsep menjadikan ASI sebagai sabun mandi untuk produk kecantikan, kali ini ada sebuah tempat spa di Chicago, Amerika Serikat, yang menyediakan fasilitas facial menggunakan air susu mam. Tempat spa bernama Mud Spa ini mengatakan bahwa mereka memperoleh ASI dengan cara membelinya dari beberapa mam yang telah memiliki sertifikat dari bank ASI di daerah sekitarnya.

Pemanfaatan ASI sebagai produk kecantikan telah didukung oleh penelitian yang dilakukan UC San Diego Jacob School of Engineering pada tahun 2010. Mereka menemukan kandungan asam laurat pada ASI dan minyak kelapa. Asam laurat ini dinyatakan efektif untuk menyembuhkan jerawat. Selain itu, ASI juga bermanfaat untuk menyembuhkan kulit eksem dan kulit yang terbakar sinar matahari.

Menyusui Mencegah Mam dari Beragam Penyakit

Mam, banyak sekali penyakit yang bisa dicegah jika konsisten menyusui sang Buah Hati, termasuk penyakit akut dan penyakit kronis. Menyusui bisa membantu mam mengurangi risiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium. Meski belum bisa ditentukan secara pasti alasannya, proses menyusui diduga mampu menekan produksi hormon estrogen. Selain itu, menyusui juga mengurangi risiko mengalami osteoporosis dan mempercepat pemulihan kepadatan tulang. Ditambah lagi, risiko menderita penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, rheumatoid artritis, serta stres pun akan berkurang.

Untuk memperoleh manfaat-manfaat di atas, mam perlu mengimbangi konsumsi pangan bergizi. Mam harus menerapkan pola makan sehat agar ASI yang keluar lancar dan berkualitas. Makanan yang mam makan alangkah baiknya jika mencakup beragam jenis gizi yang dibutuhkan. Ini bisa diperoleh dari sayuran, buah, makanan berserat, daging tanpa lemak, susu, serta air putih. Jadi jangan ragu untuk melakukan ASI ekslusif ya, mam. Manfaatnya tidak hanya terasa saat ini, namun juga hingga si bayi dewasa.

(sumber: https://www.guesehat.com/tidak-hanya-untuk-bayi-asi-juga-bermanfaat-untuk-ibu-lho)

REFERENCES arrow_downward
TAGS
PRODUK TERKAIT


Produk Terkait Image
Herba ASIMOR KAPLET ASI BOOSTER
  • - ASI lebih lancar & kental
  • - Durasi menyusui lebih cepat
CEK Herba ASIMOR arrow_forward
ARTIKEL TERKAIT


Ask for Expert