100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Nutrisi dan Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

Admin | Mar 03 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image Nutrisi dan Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Menyusui Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Selama masa kehamilan, Mamsi pasti sangat memperhatikan asupan vitamin untuk ibu hamil demi perkembangan si Kecil yang optimal. Nah, jangan tinggalkan kebiasaan baik ini ya, setelah si kecil lahir.

Tidak kalah penting dari vitamin untuk ibu hamil, Mamsi juga butuh nutrisi dan vitamin tambahan selama menyusui demi meningkatkan produksi ASI, serta menjaga kandungan ASI tetap bergizi.

ASI yang bernutrisi sangat penting bagi perkembangan anak. Ini karena ASI merupakan satu-satunya asupan terbaik untuk si Kecil. Sebisa mungkin, Mamsi sebaiknya berupaya menyusui si Kecil selama minimal 6 bulan, ya.

Kebaikan ASI pun sudah banyak terbukti bermanfaat untuk daya tahan tubuh si Kecil dan bagus untuk perkembangan otaknya. Itulah sebabnya, Mamsi harus memastikan ASI yang diberikan kepada si Kecil bernutrisi seimbang.

Vitamin dan nutrisi apa saja ya yang harus kita konsumsi agar kandungan gizi dalam ASI memenuhi kebutuhan si Kecil?

Cari tahu info lengkapnya di penjelasan berikut ini, yuk!

 

Nutrisi & Vitamin yang Dibutuhkan Ibu Menyusui

 

1.  Karbohidrat Kompleks

vitamin untuk ibu hamil

Setelah melahirkan, mungkin Mamsi ingin langsung diet supaya berat badan kembali normal seperti sebelum hamil. Meski begitu, sebaiknya Mamsi mengurungkan niat berdiet yang menghindari asupan karbohidrat.

Kekurangan nutrisi karbohidrat kompleks dalam ASI bisa sangat berbahaya bagi si Kecil, Mamsi. Ibu menyusui sangat membutuhkan karbohidrat sebagai sumber kalori. Ini karena saat tubuh Mamsi harus bekerja keras dalam memproduksi ASI sehingga butuh banyak kalori.

Pada bulan pertama, ibu menyusui membutuhkan kira-kira 65 gram tambahan karbohidrat dalam sehari. Jumlah ini setara dengan satu setengah piring nasi. Namun, Mamsi sangat disarankan memenuhi kebutuhan ini dengan menyantap karbohidrat kompleks seperti oats, kentang, nasi merah, jagung, atau gandum. Mana nih, yang jadi pilihan Mamsi?

 

2.  Protein

vitamin untuk ibu hamil

Si Kecil yang mulai masa pertumbuhan juga membutuhkan banyak asupan protein dari ASI yang Mamsi berikan. Tak hanya untuk ASI bagi si Kecil, Mamsi juga butuh protein untuk membantu pemulihan fisik pascapersalinan.

Jumlah kebutuhan protein harian ibu menyusui adalah sekitar 70 gr per hari. Ini bisa Mamsi dapatkan dari daging sapi, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, serta susu dan produk turunannya.

 

3.  Lemak Tak Jenuh

vitamin untuk ibu hamil

Katakan “tidak” pada diet lemak selama menyusui karena sama seperti nutrisi dan vitamin untuk ibu hamil dan ibu menyusui lainnya. Ini lemak juga penting dan sangat dibutuhkan Mamsi dan si Kecil bayi sebagai sumber tenaga.

Jika takut berat badan naik tidak terkontrol, Mamsi bisa mengutamakan asupan lemak tak jenuh atau lemak sehat, seperti dari alpukat, almond, kacang-kacangan lain, atau biji-bijian. Mamsi juga bisa mendapatkan asupan lemak tak jenuh dari ikan laut yang kaya kandungan asam lemak omega 3.

 

4.  Vitamin C

vitamin untuk ibu hamil

Sebagai salah satu vitamin yang penting bagi ibu hamil dan menyusui, vitamin C dapat membantu Mamsi dan si Kecil melawan berbagai infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, vitamin C membantu tubuh Mamsi untuk menyerap zat besi secara lebih optimal.

Mamsi bisa mendapatkan asupan vitamin C dari buah seperti jeruk dan stroberi, serta sayuran hijau seperti brokoli dan tomat. Banyaknya vitamin C yang dibutuhkan ibu menyusui adalah sekitar 10 miligram sehari.

 

5.  Vitamin E

vitamin untuk ibu hamil

Mamsi tentu sudah mengetahui manfaat vitamin E yang sangat baik untuk peremajaan kulit dan membuatnya tampak awet muda. Jangan salah, ternyata vitamin E juga Mamsi butuhkan selama menyusui, loh.

Vitamin E termasuk kebutuhan vital untuk tumbuh kembang si Kecil. Ini karena asupan vitamin E dapat memperkuat otot-otot si Kecil serta membantu tubuhnya melawan infeksi. Selain itu, vitamin E mengoptimalkan produksi sel darah merah yang sehat.

Selama menyusui, Mamsi membutuhkan sekurangnya 28,5 IU dan tidak lebih dari 1,500 IU dalam sehari. Makanan yang bisa menjadi sumber vitamin E antara lain minyak kedelai, minyak zaitun, almond, kacang-kacangan, alpukat, dan bayam.

 

6.  Kalsium

vitamin untuk ibu hamil

Tubuh kita memang sangat ajaib. Saat hamil, tubuh Mamsi akan melakukan apa pun demi memastikan kebutuhan kalsium bayi dalam kandungan terpenuhi. Ini termasuk mengambil cadangan kalsium dalam tulang Mamsi.

Ternyata hal ini juga terjadi saat Mamsi sedang menyusui, lho. Kalsium akan ditransfer ke si Kecil melalui ASI selama masa menyusui. Bila kekurangan kalsium, tubuh Mamsi akan mengambilnya dari tulang. Tentunya ini bisa sangat berbahaya bagi tubuh Mamsi dalam jangka panjang.

Karena itu, Mamsi sangat disarankan memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 1.300 mg dalam sehari selama masa ASI eksklusif. Nah, sumber kalsium terbaik bisa ditemukan di susu, yogurt, keju, tofu, sereal, susu kedelai, pokcoy, ikan sarden, dan sereal yang terfortifikasi.

 

7.  Zat Besi

vitamin untuk ibu hamil

Kebutuhan zat besi pada bulan-bulan pertama kehidupan si Kecil menjadi hal yang cukup sering diresahkan orang tua. Bila kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, si Kecil berisiko mengalami anemia defisiensi besi yang berdampak negatif terhadap pertumbuhannya.

Ibu menyusui biasanya membutuhkan sekitar 32 mg zat besi dalam sehari. Mamsi dapat memenuhi asupan tersebut dengan mengonsumsi daging sapi, ayam, ikan, kuning telur, brokoli, atau bayam.

Itu dia tadi vitamin dan nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu menyusui. Tidak jauh berbeda dengan vitamin untuk ibu hamil, bukan? Jika sudah terbiasa mengonsumsi vitamin yang bagus untuk ibu hamil, Mamsi hanya perlu melanjutkan saja agar proses menyusui berjalan dengan lancar dan bayi tumbuh sehat.

Selain dari asupan makanan, Mamsi juga bisa mengoptimalkan kualitas serta kuantitas ASI sebagai bentuk #KawalAwal untuk si Kecil dengan mengonsumsi Herba ASIMOR. Bentuknya kaplet sehingga praktis dikonsumsi Mamsi.

Mengandung torbangun, daun katuk, dan ikan gabus yang selain melancarkan ASI juga membantu pemulihan Mamsi pascamelahirkan. Ini karena Herba ASIMOR mengandung Striatin yang biasa terdapat dalam ikan gabus dan dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka pascapersalinan baik Caesar maupun normal.

Optimalkan asupan bernutrisi seimbang Mamsi dengan ASI booster Herba ASIMOR agar lebih optimal dalam mengASIhi si Kecil. Dapatkan lebih banyak informasi seputar kehamilan dan menyusui dengan bergabung dalam komunitas bersama Teman Bumil dan daftar newsletter kami.

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
^M

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

^M
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR