Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Amankah Menyusui Saat Sedang Hamil? Berikut Penjelasannya

Admin | Dec 07 2023
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image Amankah Menyusui Saat Sedang Hamil? Berikut Penjelasannya Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Dikaruniai kehamilan adalah hal yang menggembirakan. Namun bagaimana bila ternyata Mamsi masih dalam masa menyusui ketika dinyatakan hamil lagi? Jangan panik! Temukan jawabannya disini ya.

Menyusui dan kehamilan adalah dua momen besar dalam kehidupan seorang wanita. Kedua proses ini membawa sejumlah perubahan fisik dan emosional yang signifikan. Terlebih saat Mamsi menjalani kehamilan ditengah masa menyusui. Dan sadarkah Mamsi bahwa menyusui saat sedang hamil adalah topik yang seringkali memicu perdebatan? Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul adalah, "Amankah menyusui saat sedang hamil?" Beberapa Mamsi mungkin merasa was-was dan mempertimbangkan keamanan tindakan ini.

Jawabannya tidak selalu hitam di atas putih dan melibatkan sejumlah faktor yang harus dipertimbangkan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan penjelasan rinci mengenai keamanan menyusui saat hamil, berdasarkan fakta ilmiah dan panduan kesehatan.

Apakah Aman untuk Menyusui Saat Hamil?

Banyak yang percaya bahwa menyusui selama kehamilan berbahaya bagi bayi yang belum lahir. Namun, penelitian menunjukkan bahwa menyusui aman dilakukan jika kehamilan Mamsi tidak mengalami komplikasi. Menyusui tidak akan memengaruhi Mamsi, bayi yang belum lahir, atau anak Mamsi yang lebih besar. 

Namun, Mamsi harus memastikan untuk mendapatkan cukup kalori yang sehat dan minum banyak cairan. Saat menyusui, Mamsi mungkin juga harus mempertimbangkan beberapa efek samping, dan anak yang sedang menyusui mungkin akan melihat beberapa perubahan pada ASI.

Meskipun menyusui selama kehamilan umumnya dianggap aman, namun ada beberapa kasus di mana menyapih justru sangat disarankan seperti berikut ini:

  • Jika Mamsi memiliki kehamilan berisiko tinggi atau berisiko mengalami persalinan prematur
  • Jika Mamsi mengandung bayi kembar
  • Jika Mamsi telah disarankan untuk menghindari hubungan seks saat hamil
  • Jika Mamsi mengalami perdarahan atau nyeri rahim

Jika Mamsi mengalami gejala-gejala ini, bicarakan dengan dokter untuk menentukan apakah menyapih merupakan pilihan terbaik bagi Mamsi, si kecil yang menyusu, dan janin Mamsi.

Fakta-fakta Dasar tentang Menyusui Saat Hamil

  1. Produksi ASI yang Tidak Biasa

Saat hamil, tubuh Mamsi memproduksi hormon prostaglandin yang dapat memicu kontraksi. Ini bisa membuat produksi ASI menjadi tidak biasa, dengan beberapa Mamsi mengalami penurunan volume ASI atau perubahan dalam rasa ASI.

  1. Rasa Sakit atau Ketidaknyamanan

Beberapa Mamsi mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan saat menyusui selama kehamilan. Perubahan hormonal dan perubahan fisik pada payudara dapat menyebabkan sensasi yang tidak biasa.

  1. Risiko Kontraksi

Stimulasi payudara yang terjadi saat menyusui dapat merangsang kontraksi rahim. Kontraksi ini biasanya ringan, tetapi bagi ibu hamil dengan risiko tinggi atau sejarah persalinan prematur, ini dapat menjadi pertimbangan serius dan harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melanjutkan menyusui.

Pertimbangan Penting Menyusui Saat Menjalani Kehamilan

Ada beberapa hal yang sebaiknya Mamsi pertimbangkan ketika menjalani masa menyusui saat kehamilan. 

  1. Konsultasi dengan Dokter

Langkah pertama yang penting adalah berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Setiap kehamilan unik, dan profesional kesehatan dapat memberikan panduan berdasarkan kondisi spesifik Mamsi.

  1. Pemantauan Kesehatan

Mamsi yang memutuskan untuk tetap menyusui saat hamil harus memantau kesehatan mereka secara cermat. Perubahan signifikan atau ketidaknyamanan harus segera dilaporkan kepada dokter.

  1. Perhatian pada Rasa Sakit

Jika menyusui menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan, ibu hamil perlu mempertimbangkan untuk menghentikan atau mengurangi frekuensi menyusui. Rasa sakit yang serius dapat menjadi tanda masalah yang memerlukan perhatian medis.

  1. Nutrisi yang Optimal

Mamsi yang sedang hamil sekaligus menyusui harus memastikan asupan nutrisi yang optimal. Ini termasuk kalsium, zat besi, dan nutrisi penting lainnya yang mendukung kesehatan Mamsi dan perkembangan bayi yang sedang dikandung.

Manfaat Menyusui Saat Hamil

Di sisi lain, menyusui saat hamil ternyata mendatangkan manfaat lho Mam! Beberapa diantaranya adalah: 

  1. Hubungan Emosional yang Kuat

Menyusui selama kehamilan dapat mempertahankan hubungan emosional yang kuat antara Mamsi dan anak. Ini memberikan rasa kenyamanan dan keamanan pada anak.

  1. Keuntungan Nutrisi bagi Anak

Anak yang disusui masih mendapatkan manfaat nutrisi dari ASI, meskipun volume ASI mungkin berkurang. Ini terutama penting jika anak masih belum mencapai usia yang direkomendasikan untuk pengenalan makanan padat.

  1. Persiapan Psikologis untuk Hadirnya si Adik

Menyusui saat hamil dapat membantu anak memahami konsep kehadiran adik. Ini memberikan waktu persiapan psikologis yang berharga untuk anak.

Situasi Khusus yang Perlu Dipertimbangkan

  1. Mamsi dengan Risiko Tinggi

Ibu hamil dengan risiko tinggi atau kondisi medis tertentu, seperti preeklampsia atau ancaman persalinan prematur, harus lebih berhati-hati. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan panduan yang sesuai.

  1. Anak yang Sedang Menyusui:

Jika anak yang masih menyusui berusia di bawah satu tahun, perlu memastikan bahwa anak juga mendapatkan asupan makanan pendamping yang sesuai dengan usianya.

Tips Menyusui Saat Hamil

Meskipun menyusui saat hamil aman asalkan kehamilan berjalan normal, Mamsi perlu memperhatikan beberapa hal, seperti risiko kontraksi, penurunan produksi ASI, dan kesehatan serta nutrisi mereka sendiri. Selain itu, ibu juga perlu memperhatikan mitos dan fakta seputar  menyusui agar tidak terpengaruh oleh informasi yang salah. Berikut adalah beberapa tips untuk menyusui selama masa kehamilan:

  1. Konsumsi makanan bergizi seimbang dengan tambahan kalori serta perbanyak minum karena tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mencukupi nutrisi kedua buah hati.
  2. Pastikan Mamsi beristirahat dengan cukup jika Mamsi merasa lelah karena kehamilan dan menyusui anak yang masih menyusu.
  3. Jika memiliki masalah medis atau menjadi vegetarian maupun vegan, berkonsultasilah kepada dokter atau ahli gizi guna memastikan kedua buah hati dapat memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan.
  4. Jika anak yang menyusui berusia di bawah satu tahun dan jumlah produksi ASI berkurang, kosultasikan dengan dokter mengenai perlunya makanan pendamping sebagai tambahan ASI.
  5. Jika puting payudara terasa sakit, kompres hangat pada payudara untuk meringankan nyeri payudara dan nyeri pada puting atau oleskan pelembap.
  6. Terakhir, agar lebih nyaman dan tidak cepat lelah, menyusuilah dalam posisi duduk atau tidur miring.

Menyusui saat hamil bukanlah pilihan yang cocok untuk semua Mamsi, dan keputusan ini harus dibuat dengan cermat berdasarkan kondisi individu. Meskipun banyak Mamsi yang mengalami kehamilan yang sehat dan menyusui dengan sukses, tetap penting untuk mendengarkan tubuh dan mendapatkan panduan medis yang tepat. 

Agar masa menyusui Mamsi tetap lancar saat hamil, tak ada salahnya Mamsi mengonsumsi ASI booster, Herba ASIMOR. Terbuat dari dari bahan-bahan natural, seperti galatonol yang merupakan campuran ekstrak daun katuk dan daun torbangun yang berfungsi sebagai stimulan ASI dan meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, terdapat kandungan fraksi striatin yang merupakan ekstrak ikan gabus untuk meningkatkan kadar lemak dalam ASI. Tersedia dalam bentuk kaplet dan powder drink yang sangat praktis untuk dikonsumsi. 

 

Referensi:

ARTIKEL TERKAIT


Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR