100% 100% ASI by Herba ASIMOR
Asimor Produk Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Mamsi Punya masalah dalam menyusui?
  • Asi kurang lancar atau
  • Yang keluar ga banyak?
YUK, CHAT kami & temukan solusinya




Bayi Tidak Mau Menyusu? Ini Penyebabnya dan Cara Agar Bayi Mau Minum ASI

Admin | Sep 22 2021
Share Facebook Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI Share Twitter Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI


Facebook Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Twitter Share Button Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Feature Image Bayi Tidak Mau Menyusu? Ini Penyebabnya dan Cara Agar Bayi Mau Minum ASI Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Melihat bayi menyusu dengan lahap dan lancar tentu membuat Mamsi tenang. Artinya si Kecil memperoleh asupan gizi yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya. Sebaliknya, Mamsi tentu akan bingung saat tiba-tiba bayi tidak mau menyusu.

Pada umumnya, bayi mendadak menolak menyusu karena ada kondisi yang membuatnya tidak nyaman. Jadi, bila si Kecil tiba-tiba menolak menyusu, yang perlu Mamsi lakukan adalah mencari tahu hal apa yang membuatnya tidak nyaman. 

Berikut beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab bayi tidak mau menyusu. Mungkin saja si Kecil sedang mengalami salah satunya.

  • Posisi Menyusu Tidak Nyaman

Salah satu kunci sukses menyusui adalah posisi yang nyaman, baik bagi ibu maupun bayi. Bila posisi bayi belum tepat, maka ia belum nyaman dan tidak bisa fokus menyusu.

  • Rasa ASI Berubah

Rasa ASI dapat berubah bila Mamsi mengonsumsi makanan yang rasanya kuat atau pedas. Bila bayi tidak suka dengan rasa itu, maka bisa saja ia kemudian tidak mau menyusu.

Hal lain yang dapat menyebabkan rasa ASI berubah adalah perubahan hormon di tubuh Mamsi dan mastitis (infeksi payudara). Menurut penelitian, bila ibu mengalami mastitis, ASI yang keluar dari payudaranya memiliki kandungan natrium lebih tinggi sehingga rasanya lebih asin.

  • Bayi Sakit Flu

Sakit flu memang bikin tubuh tidak nyaman. Bayi yang sakit flu biasanya jadi rewel karena hidungnya tersumbat. Kondisi itu dapat membuatnya sulit bernapas saat menyusu sehingga ia kemudian enggan menyusu.

  • Bayi Mau Tumbuh Gigi

Bayi umumnya mulai tumbuh gigi di usia 6–12 bulan. Saat mau tumbuh gigi, bayi akan merasakan ketidaknyamanan di gusinya. Hal ini bisa memengaruhi kenyamanannya saat menyusu hingga membuatnya enggan menyusu.

Bila gigi si Kecil memang sedang mau tumbuh, Mamsi bisa membantu meringankan ketidaknyamanan di gusinya. Caranya, usap-usap gusi bayi dengan jari Mamsi atau handuk dingin beberapa saat sebelum menyusui.

  • Bingung Puting

Jika Mamsi terlalu cepat mengenalkan botol susu kepada si Kecil, bisa saja bayi Mamsi akan mengalami bingung puting atau kondisi dimana bayi mengalami kesulitan mengisap ASI langsung dari payudara Mamsi. Sebaiknya Mamsi mulai mengenalkan botol susu jika Si Kecil sudah berusia 4 minggu, ya.

Selain itu, kondisi puting datar pada ibu juga bisa menyebabkan bingung puting pada bayi.  Si Kecil akan terlihat bingung untuk menemukan dan menyusu pada puting Mamsi. Pompa ASI sebelum menyusui untuk membantu mengangkat puting keluar sehingga memudahkan si Kecil menempelkan mulutnya pada payudara Mamsi.

  • Volume ASI Berkurang

Menurunnya produksi ASI juga bisa menjadi penyebab bayi tidak mau menyusu. Bila produksi ASI Mamsi menurun, maka volume ASI pun berkurang. Bayi akan frustrasi karena meski sudah mengisap payudara secara optimal, tetapi ASI yang keluar lebih sedikit dari biasanya.

Mamsi, Yuk Baca Juga: Cara Praktis Memijat Payudara Supaya ASI Melimpah

 

Lakukan Cara-cara Ini Agar Bayi Mau Minum ASI Lagi

bayi mau minum asi

Apakah Mamsi sudah mengetahui apa penyebab bayi tidak mau menyusu? Selanjutnya, lakukan salah satu cara agar bayi mau minum ASI lagi.

  • Ubah Posisi Menyusui

Bila posisi menyusui Mamsi selama ini belum tepat, coba ubah dengan posisi yang lain. Agar kegiatan menyusui dapat berjalan lancar, Mamsi perlu menemukan posisi menyusui yang nyaman bagi Mamsi maupun bayi.

Ada beberapa posisi menyusui yang dapat Mamsi coba, yaitu posisi memangku, berbaring, berbaring miring, dan posisi koala.

  • Ciptakan Suasana yang Nyaman untuk Menyusui

Setiap ibu memiliki versi kenyamanan yang berbeda-beda saat menyusui. Ada Mamsi yang senang menyusui sambil duduk di kursi goyang. Ada juga Mamsi yang merasa nyaman menyusui saat duduk di sofa. Ada Mamsi yang senang menyusui sambil mendengarkan musik favorit atau musik lembut untuk balita. Seperti apa suasana nyaman versi Mamsi?

  • Evaluasi Kebiasaan dan Perubahan Rutinitas yang Menyebabkan ASI Mamsi Berkurang atau Berubah

Cara agar bayi mau minum ASI lagi adalah dengan menemukan penyebab ia menolak menyusu. Apakah belakangan ini kesibukan Mamsi bertambah? Apakah Mamsi sedang stres? Apakah pola makan Mamsi sedang tidak teratur? Apakah Mamsi sedang mengonsumsi obat tertentu?

Coba pikirkan lagi perubahan kebiasaan atau rutinitas Mamsi beberapa waktu belakangan ini. Stres tinggi dapat berakibat pada berkurangnya volume ASI. Saat sedang stres, bisa saja Mamsi jadi lupa makan dan minum sehingga asupan gizi berkurang.

Bila payudara Mamsi terasa sakit dan ada kemungkinan infeksi, segera periksakan ke dokter agar tidak terus memengaruhi volume dan rasa ASI.

Untuk mengatasi masalah ASI seret, Mamsi dapat memperbanyak asupan cairan dan makanan penambah ASI. Mamsi juga dapat minum suplemen ASI booster seperti Herba ASIMOR untuk melancarkan kembali produksi ASI.

  • Bawa Bayi ke Dokter

Bila bayi tidak mau menyusu karena sedang sakit flu, Mamsi dapat melakukan beberapa cara untuk membuatnya lebih nyaman. Misalnya, mengelap ingusnya dengan waslap lembut alih-alih menggunakan tisu. Atau, menyemprotkan beberapa tetes larutan saline pada hidung bayi agar ingusnya lebih mudah keluar.

Hidung yang tersumbat cenderung membuat bayi susah tidur. Mamsi dapat membuat bayi beristirahat cukup dengan membuatnya merasa nyaman. Misalnya, menggendong bayi lebih lama dari biasanya, memasang humidifier di kamar agar ruangan menjadi lebih lembap atau memberi uap air panas untuk dihirup bayi untuk membantu melegakan pernapasannya.

Bila bayi tidak flu tapi Mamsi curiga ia menderita penyakit lain, segeralah membawanya ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Selain flu, penyebab bayi tidak mau menyusu yang lain karena ia sakit sariawan atau infeksi telinga.

Proses memberikan ASI kepada bayi memang penuh warna ya, Mamsi. Kadang volume ASI melimpah, kadang sedikit. Kadang bayi menyusu dengan lancar, kadang bayi tidak mau menyusu.

Tenang saja, Mamsi, semua itu wajar dan dialami oleh banyak ibu. Bila Mamsi menemui kesulitan dalam menyusui, mintalah bantuan kepada konsultan laktasi di fasilitas kesehatan terdekat.

Yang penting Mamsi tidak menyerah memberikan ASI kepada bayi. Berbagai penelitian membuktikan bahwa memberikan ASI kepada bayi hingga dua tahun pertama usianya memberikan manfaat yang sangat besar.

Teruslah bersemangat menyusui si Kecil, Mamsi!

Asimor ASI Booster Pelancar ASI




Follow Us
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Follow Herba ASIMOR
Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI

Copyright © Herba Asimor Owned by PT. Dexa Medica

Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI Image Social Media Asimor ASI Booster Pelancar ASI
Tanya ASIMOR